Simanjorang, Liharson (2017) PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN GERAK LOKOMOTOR DI KELAS III SLB-C KARYA TULUS TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 6123111051 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
02. NIM. 6123111051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
03. NIM. 6123111051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
04. NIM. 6123111051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
05. NIM. 6123111051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
06. NIM. 6123111051 TABLES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
07. NIM. 6123111051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
08. NIM. 6123111051 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
09. NIM. 6123111051 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
13. NIM. 6123111051 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM. 6123111051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak lokomotor berjalan, berlari dan melompat untuk anak tunagrahita dengan menggunakan variasi pembelajaran melalui pendekatan bermain yang diberi julukan “ Circuit Trening Games” pada siswa Kelas III SLB-C Karya Tulus Tuntungan Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa Kelas III SLB-C Karya Tulus Tuntungan yang berjumlah 8 Siswa yang terdiri dari 6 putera dan 2 puteri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi pembelajaran gerak dasar lokomotor dengan menerapkan permainan “Circuit Trening Games”.
Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1). Pada Siklus I, dari 8 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 3 orang siswa (37,5%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 5 orang siswa (62,5%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 64,05. (2). Pada Siklus II, ternyata 7 orang siswa (87,5%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 1 orang siswa (12,5%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 71,85.
Berdasarkan hal diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan variasi pembelajaran melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar gerak lokomotor anak tunagrahita di SLB Karya Tulus T.A. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKR 056 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Hasil Belajar, Gerak Dasar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 07:30 |
Last Modified: | 25 Apr 2017 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24253 |