HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS MAN KISARAN T.P 2016/2017

Ritonga, Muhammad Fauzi Murgani (2017) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS MAN KISARAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7123141074 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7123141074 COVER.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7123141074 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7123141074 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7123141074 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7123141074 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7123141074 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7123141074 PREFACE.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7123141074 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7123141074 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7123141074 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7123141074 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7123141074 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7123141074 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7123141074 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7123141074 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7123141074 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7123141074 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (587kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7123141074 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7123141074 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7123141074 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7123141074 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MAN yang beralamat di Jalan Latsitarda Nusantara VIII Kecamatan Kisaran Timur, Kisaran. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPS berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling dengan sampel 60 responden. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adanya Hubungan yang positif dan signifikan antara Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 2) Adanya Hubungan yang positif dan signifikan antara Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 3) Adanya Hubungan yang positif dan signifikan antara Minat Belajar dan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Ekonomi.
Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan angket sebanyak 18 butir yang dinyatakan valid dan reliabel dengan Alpha Cronbach 0,799 untuk variabel minat belajar dan sebanyak 16 butir yang dinyatakan valid dan reliabel dengan Alpha Cronbach 0,794 untuk variabel konsep diri. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dimana ini dilakukan untuk menjawab hipotesis secara parsial, dan uji F dilakukan untuk menjawab hipotesis secara simultan.
Dari hasil analisis data yang dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji-t antara minat belajar terhadap prestasi belajar diperoleh thitung = 3,758 dengan sig. 0,000<0,05 dan konsep diri terhadap prestasi belajar diperoleh thitung = 3,205 dengan sig. 0,002<0,05. Untuk menguji hipotesis secara simultan diperoleh Fhitung Sebesar 17.900 sedangkan Ftabel sebesar 3,16 taraf signifikan 95%. Ternyata Fhitung > Ftabel 35,310 > 3,16. Ada hubungan yang positif dan signifikan secara parsial dan simultan antara minat belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPS MAN Kisaran Tahun Pelajaran 2016/2017.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Hubungan Minat Belajar Dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa sebesar 0,553 yang berarti memberi kontribusi sebesar 55,3%. Saran peneliti dimana siswa akan memiliki minat belajar yang baik, jika penerapan yang digunakan dalam penyampaian materi dilakukan dengan baik juga. Oleh karena itu, kedua hal ini harus mendapat perhatian peserta didik maupun guru agar pelaksanaan proses pembelajaran mencapai nilai yang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 ADP 017
Keywords: Minat Belajar, Konsep Diri, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Apr 2017 04:35
Last Modified: 25 Apr 2017 04:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24243

Actions (login required)

View Item
View Item