Ritonga, Muhammad Fauzi Murgani (2017) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS MAN KISARAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7123141074 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM 7123141074 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (432kB) | Preview
3. NIM 7123141074 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM 7123141074 PREFACE.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
5. NIM 7123141074 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
6. NIM 7123141074 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 7123141074 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 7123141074 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM 7123141074 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (587kB) | Preview
13. NIM 7123141074 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
14. NIM 7123141074 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di MAN yang beralamat di Jalan Latsitarda Nusantara VIII Kecamatan Kisaran Timur, Kisaran. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPS berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling dengan sampel 60 responden. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Adanya Hubungan yang positif dan signifikan antara Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 2) Adanya Hubungan yang positif dan signifikan antara Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 3) Adanya Hubungan yang positif dan signifikan antara Minat Belajar dan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Ekonomi.
Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan angket sebanyak 18 butir yang dinyatakan valid dan reliabel dengan Alpha Cronbach 0,799 untuk variabel minat belajar dan sebanyak 16 butir yang dinyatakan valid dan reliabel dengan Alpha Cronbach 0,794 untuk variabel konsep diri. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dimana ini dilakukan untuk menjawab hipotesis secara parsial, dan uji F dilakukan untuk menjawab hipotesis secara simultan.
Dari hasil analisis data yang dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji-t antara minat belajar terhadap prestasi belajar diperoleh thitung = 3,758 dengan sig. 0,000<0,05 dan konsep diri terhadap prestasi belajar diperoleh thitung = 3,205 dengan sig. 0,002<0,05. Untuk menguji hipotesis secara simultan diperoleh Fhitung Sebesar 17.900 sedangkan Ftabel sebesar 3,16 taraf signifikan 95%. Ternyata Fhitung > Ftabel 35,310 > 3,16. Ada hubungan yang positif dan signifikan secara parsial dan simultan antara minat belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPS MAN Kisaran Tahun Pelajaran 2016/2017.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Hubungan Minat Belajar Dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa sebesar 0,553 yang berarti memberi kontribusi sebesar 55,3%. Saran peneliti dimana siswa akan memiliki minat belajar yang baik, jika penerapan yang digunakan dalam penyampaian materi dilakukan dengan baik juga. Oleh karena itu, kedua hal ini harus mendapat perhatian peserta didik maupun guru agar pelaksanaan proses pembelajaran mencapai nilai yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 017 |
Keywords: | Minat Belajar, Konsep Diri, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 04:35 |
Last Modified: | 25 Apr 2017 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24243 |