PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK SWASTA TELADAN INDRAPURA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Abadi, M Syah Putra (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK SWASTA TELADAN INDRAPURA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7123342018 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7123342018 COVER.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7123342018 PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7123342018 PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7123342018 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7123342018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7123342018 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7123342018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7123342018 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7123342018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7123342018 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7123342018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7123342018 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7123342018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 7.  NIM. 7123342018 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7123342018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7123342018 DAFTAR LAMPIRAN1.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7123342018 DAFTAR LAMPIRAN1.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7123342018 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7123342018 BAB I.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7123342018 BAB V1.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7123342018 BAB V1.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7123342018 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7123342018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
kelas XI SMK Swasta Satria Teladan Indrapura.. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran
Problem Based Instruction dengan Pendekatan Konstruktivisme dibanding hasil belajar
akuntansi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Konvensional pada siswa
Kelas XI SMK Swasta Teladan Indrapura Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Teladan Indrapura Tahun
Pembelajaran 2016/2017.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
XI Akuntansi SMK Swasta Teladan Indrapura yang berjumlah 60 siswa yang terdiri
dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI AK-1
yang berjumlah 30 orang pada kelas eksperimen dan kelas XI AK-2 yang
berjumlah 30 orang pada kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah sampel total. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah tes hasil belajar akuntansi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20
soal. Teknik analisis data yang diperoleh terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat
yaitu dianalisa melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis digunakan uji
t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan
Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Pendekatan Konstruktivisme
lebih tinggi dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model
pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa
dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Pendekatan
Konstruktivisme adalah nilai rata-rata pre test 45,16 dengan nilai tertinggi 55 dan
terendah 25 serta simpangan baku 9,32 dan post test sebesar 71,67 dengan nilai
tertinggi 85 dan nilai terendah 60 serta simpangan baku 9,58 . Sedangkan hasil
belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah
nilai rata-rata pre test 43,83dengan nilai tertinggi 55 dan nilai terendah 25 serta
simpangan baku 8,27 dan post test sebesar 64,16 dengan nilai tertinggi 80 dan
nilai terendah 50 serta simpangan baku 9,19. Hasil pengujian hipotesis yang
diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,265 > 1,669 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05
dengan kata lain hipotesis diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi pada
materi persamaan akuntansi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem
Based Instruction dengan Pendekatan Konstruktivisme lebih tinggi dibandingkan
dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajran
konvensional pada siswa kelas XI SMK Swasta Teladan Indrapura Tahun
Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sk-2017 AKT 016
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Pendekatan Konstruktivisme, Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Akuntansi.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701 Public accounting. Auditing
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Apr 2017 04:29
Last Modified: 25 Apr 2017 04:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24242

Actions (login required)

View Item
View Item