PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS MAN 1 SORKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Tanjung, Masriyani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS MAN 1 SORKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7123142034 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7123142034 COVER.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7123142034 APPROVALSHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7123142034 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7123142034 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7123142034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7123142034 AKNOWLEDMENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7123142034 AKNOWLEDMENT.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7123142034 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7123142034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7123142034 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7123142034 TABLES.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7123142034 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7123142034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7123142034 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7123142034 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7123142034 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7123142034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (748kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7123142034 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7123142034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7123142034 REFERENCE.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7123142034 REFERENCE.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS MAN 1 Sorkam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional di kelas XI IPS MAN 1 Sorkam Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Sorkam yang beralamat di Jalan D.I Panjaitan No.6 Sorkam Barat, Kabupaten Tapanuli Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yaitu sebanyak 88 orang, dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, kelas XI IPS 1 yang berjumlah 44 orang dan kelas XI IPS 2 yang berjumlah 44 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes yang diberikan dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan pada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya beda soal dan taraf kesukaran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu dengan menghitung mean dan standar deviasi, uji normalitas menggunakan uji lilliefors, uji homogenitas dan menghitung uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α = 0,05 maka hipotesis tidak dapat ditolak. Dari hasil analisa data dan perhitungan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pre test yaitu sebesar 47,95 dengan standar deviasi 14,64 dan nilai rata-rata post test yaitu sebesar 68,07 dengan standar deviasi 12,54. Dan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre test yaitu sebesar 51,59 dengan standar deviasi 12,61 dan nilai rata-rata post test yaitu sebesar 85,34 dengan standar deviasi 7,10. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dengan α= 0,05. Pada post test hasil belajar diperoleh thitung = 7,89 sedangkan ttabel = 1,665 dengan thitung > ttabel sehingga Ha tidak dapat di tolak. Jadi, berdasarkan hasil analisa data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Children Learning In Science lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode konvensional di kelas XI IPS MAN 1 Sorkam Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 AKT 010
Keywords: Model pembelajaran children learning in science; Metode konvensional; Hasil belajar akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Apr 2017 04:20
Last Modified: 21 Apr 2017 04:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24199

Actions (login required)

View Item
View Item