Melina, Lilis (2017) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE CO OP-CO OP PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 101797 DELI TUA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 1133111042 COVER.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
2 NIM 1133111042 APPROVALSHEET.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
3 NIM 1133111042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4 NIM 1133111042 ACKNOWLEDMENT.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
5 NIM 1133111042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6 NIM 1133111042 TABLES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7 NIM 1133111042 LIST OF GRAFIC.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8 NIM 1133111042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9 NIM 1133111042 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
10 NIM 1133111042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
14 NIM 1133111042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
15 NIM 1133111042 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya akativitas belajar siswa
pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan sumber
daya alam dan potensi didaerahnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah
meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model cooperative
learning tipe co op-co op pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101797 Deli Tua kecamatan Deli
Tua kabupaten Deli Serdang pada tahun ajaran 2016/2017. Dengan jumlah siswa
sebanyak 24 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 14 orang
perempuan.Objek penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran
IPS pokok bahasan kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam
dan potensi di daerahnya dengan menggunakan model cooperative learning tipe
co op-co op. penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat tahap yaitu
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah
observasi dan angket terhadap aktivitas belajar siswa.Dan observasi terhadap
kegiatan mengajar guru.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas
belajar pada sikus I dari 24 siswa yaitu dengan persentase kategori sedang 4
orang (16,7%) , kategori tinggi 20 siswa (83,3%) kemudian meningkat pada siklus
II dengan persentase kategori tinggi 3 siswa (12,5%) dan kategori sangat tinggi 21
siswa (87,5%). Rata-rata angket aktivitas belajar pada pra siklus sebesar 9 siswa
memperoleh kategori rendah dengan persentase 37,5%, 1 siswa memperoleh
kategori aktivitas sedang dengan persentase 4,17% , 8 siswa kategori tinggi
dengan persentase 33,3% dan 6 kategori sangat tinggi dengan persentase 25%
kemudian meningkat pada siklus II terdapat 21 siswa memperoleh aktivitaas
sangat tinggi dengan persentase 87,5% dan 3 lagi memperoleh kategori tinggi
dengan persentase 12,5%.
Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan
menggunakan model cooperative learning tipe co op-co op dapat meningkatkan
aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi kegiatan ekonomi siswa
kelas IV SDN 101797 Deli Tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 074 |
Keywords: | Model Pembelajaran, IPS, Tipe co-op-co-op |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Apr 2017 03:45 |
Last Modified: | 21 Apr 2017 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24189 |