Simatupang, Eco Canra (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5123311009 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2. NIM 5123311009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (486kB) | Preview
3. NIM 5123311009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM 5123311009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM 5123311009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6. NIM 5123311009 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM 5123311009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 5123311009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
12. NIM 5123311009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
13. NIM 5123311009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas X program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam dalam mata pelajaran konstruksi bangunan serta untuk mendekripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 36 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan pada siklus I nilai rata-rata pretes siswa 67, lalu pada pelaksanaan postes meningkat menjadi 77. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai pretes rata-rata 77 dan pada postes meningkat menjadi rata-rata 87. Untuk skor aktivitas siswa pada siklus I rata-rata 70,66 dan pada siklus II meningkat menjadi 84,46. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat 1) meningkatkan aktivitas siswa dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) 2) meningkatkan hasil belajar mata pelajaran konstruksi bangunan 3) mendapat respon yang positif dari siswa karena pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BAN 024 |
Keywords: | Pembelajaran berbasis proyek; Aktivitas belajar; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Apr 2017 08:47 |
Last Modified: | 20 Apr 2017 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24173 |