Saragih, Antonius (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DAN PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 PERBAUNGAN KAB. SERDANG BEDAGAI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6123111010 COVER.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
2. NIM. 6123111010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
3. NIM. 6123111010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4. NIM. 6123111010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. NIM. 6123111010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM. 6123111010 TABLS.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM. 6123111010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
8. NIM. 6123111010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM. 6123111010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (713kB) | Preview
13. NIM. 6123111010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
14. NIM. 6123111010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar lari
sprint dengan penggunaan model pembelajaran pendekatan bermain dan
pemanfaatan media audio visual pada siswa kelas VIII SMP Negeri Perbaungan
Kab.Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan
metode PTK (penelitian tindakan kelas) dilakukan dengan 2 siklus tindakan
selama 2 minggu dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 30 siswa-siswi, yang
terdiri dari 13 siswi perempuan dan 17 siswa laki-laki. Untuk memperoleh data
dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar 1 yang berbentuk lembar
fortofolio teknik dasar lari sprint sebanyak 1 kali pertemuan.
Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil
analisisnya: (1) Dari tes awal diperoleh 4 orang siswa (13,3%) yang telah
mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 26 orang siswa (86.7%) belum
mencapai ketuntasan belajar. Dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 1,99. (2)
Dari tes hasil belajar 1 siklus 1 diperoleh 12 orang siswa (40%) yang telah
mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 18 orang siswa (60%) belum
mencapai tingakat ketuntasan belajar, dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah
2,64. (3) Dari tes hasil belajar 2 siklus 2 diperoleh 26 orang siswa (86,7%) yang
telah mencapai tingkat ketuntasan belajar,sedangkan 4 orang siswa (13,3%) belum
mencapai tingkat ketuntasan belajar,dengan rata-rata hasil belajar siswa 2,95.
Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar
siswa dari data awal ke siklus 1 sebesar 13,3 %, sedangkan peningkatan nilai ratarata
siklus 1 ke siklus 2 yaitu sebesar 46,6 %. Berdasarkan analisis data yang
dapat dikatakan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran pendekatan
bermain dan pemanfaatan media audio visual dapat menunjang pembelajaran
pendidikan jasmani terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 3 Perbaungan
Kab.Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PJKAR 044 |
Keywords: | Pendidikan Jasmani, Atletik, Hasil Belajar. Lari Sprint |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Apr 2017 02:14 |
Last Modified: | 20 Apr 2017 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24136 |