Amanda, Normalia (2017) PENGEMBANGAN MODUL KESETIMBANGAN KIMIA INOVATIF TERINTERNALISASI KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMK ANALIS KESEHATAN. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM 8156142010 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
2. NIM. 8156142010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
3. NIM. 8156142010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
4. NIM. 8156142010 KATA PREFACE.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
5. NIM. 8156142010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6. NIM. 8156142010 TABLE.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM. 8156142010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM. 8156142010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
9. NIM. 8156142010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
13. NIM. 8156142010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
14. NIM. 8156142010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh modul kesetimbangan kimia inovatif terinternalisasi karakter. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah sebanyak 5 orang guru SMK/MAK yang berstatus aktif mengajar di Sumatera Utara dan 2 orang dosen kimia UNIMED. Sampel penelitian dilakukan secara purposive sampling cluster yaitu sebanyak 2 kelas XI Kimia Analis Kesehatan Haji Medan yang berjumlah 30 siswa. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah Independent sampel t-test dan Correlate bivariate dengan menggunakan SPSS for Windows pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dari hasil analisa diperoleh bahan ajar A dan B pada materi kesetimbangan kimia sebesar 3,39 dan 3,38 yang artinya cukup valid tetapi sebagian perlu direvisi, sehingga dari hasil analisa dilakukanlah pengembangan modul; (2) hasil analisa modul kesetimbangan kimia berdasarkan BSNP diperoleh nilai rerata uji kelayakan isi sebesar 4,45 artinya valid tidak perlu direvisi, uji kelayakan bahasa sebesar 4,41 artinya valid tidak perlu direvisi, uji kelayakan penyajian sebesar 4,61 artinya sangat valid dan tidak perlu direvisi dan uji kelayakan kegrafikaan sebesar 4,69 artinya sangat valid dan tidak perlu direvisi. Dengan demikian modul yang telah dikembangkan telah layak untuk digunakan; (3) hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan nilai signifikansi sebesar 0,128 sehingga sig.(0,0128) < α (0,05) yang berarti Ha diterima; dan (4) terdapat korelasi yang cukup tinggi antara karakter siswa dan hasil belajar siswa dengan nilai rhitung > rtabel (0,521 > 0,361) yang berarti Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.392 071 9 Ama p |
Keywords: | Pengembangan modul; Kesetimbangan kimia; Research and development; Internalisasi; Karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Apr 2017 09:02 |
Last Modified: | 19 Apr 2017 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24132 |