Wulandari, Lestari (2017) ANALISIS DAN PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK KELAS XI SMA/MA SEMESTER 1 SESUAI KURIKULUM 2013. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156141008 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM. 8156141008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
3. NIM. 8156141008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4. NIM. 8156141008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
5. NIM. 8156141008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6. NIM. 8156141008 TABLES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM. 8156141008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
8. NIM. 8156141008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
9. NIM. 8156141008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
13. NIM. 8156141008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM. 8156141008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) memperoleh penuntun praktikum kimia berbasis pendidikan karakter untuk kelas XI SMA/MA semester 1 sesuai kurikulum 2013; 2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan penuntun praktikum yang dikembangkan dengan penuntun praktikum yang digunakan sekolah; dan 3) mengetahui hubungan nilai karakter terhadap peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan penuntun praktikum kimia berbasis pendidikan karakter. Adapun sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 3 penuntun praktikum kimia dengan penerbit berbeda kelas XI SMA/MA semester 1, penuntun praktikum yang telah dikembangkan, 20 orang guru kimia kelas XI SMA/MA, 3 orang dosen program pascasarjana program studi pendidikan kimia Universitas Negeri Medan sebagai validator ahli, dan 85 siswa kelas XI IPA SMA/MA. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian termasuk penelitian pengembangan (research and development) yang dimodifikasi dari model pengembangan Borg & Gall. Teknik analisis data dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dari: 1) lembar uji kelayakan penuntun praktikum berdasarkan kurikulum 2013; 2) lembar observasi karakter; 3) tes hasil belajar siswa; dan 4) lembar observasi keterampilan. Hasil analisis penuntun praktikum kimia berbasis pendidikan karakter menunjukkan bahwa rata-rata kelayakan pada 7 aspek; cakupan praktikum, sistematika penyajian, mengandung wawasan produktifitas, merangsang keingintahuan, mengembangkan kecakapan hidup (life skill), desain, dan bahasa berturut-turut sebesar 4,48; 4,27; 4,43; 4,37; 4,45; 4,35; 4,41 artinya penuntun praktikum yang dikembangkan sangat layak dan tidak perlu revisi. Dari hasil uji coba penuntun ptaktikum menunjukkan bahwa; 1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan penuntun praktikum yang dikembangkan dengan penuntun praktikum yang digunakan sekolah (0,005 < 0,05); 2) terdapat hubungan antara nilai karakter terhadap hasil belajar siswa (68,6%).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 540.071 2 Wul a |
Keywords: | Penuntun praktikum kimia; Pendidikan karakter; Penelitian dan pengembangan (R&D) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 19 Apr 2017 04:07 |
Last Modified: | 19 Apr 2017 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24112 |