Manik, Wira (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA KELAS VIII SMP NEGERI 41 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2123311089 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM. 2123311089 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
3. NIM. 2123311089 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4. NIM. 2123311089 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 2123311089 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
6. NIM. 2123311089 TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 2123311089 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 2123311089 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
12. NIM. 2123311089 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
13. NIM. 2123311089 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 41 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 41 Medan sebanyak 270 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak kelas, sehingga diperoleh sampel peneltian adalah VIII-5 sebanyak 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre-test dan post test design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis naskah drama.
Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 60,5, standar deviasi 4,55 dan standar error 0,84 sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 75,7, standar deviasi 8,52 dan standar error 1,58. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata rata menulis naskah drama setelah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing lebih tinggi daripada nilai sebelum menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dikonsultasikan dengan t0 dengan tabel t taraf signifikan 5% dengan (df = N-1) 30 – 1 = 29, dapat diperoleh taraf signifikan 5% = 1,69. Karena t0 diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 8,53 > 1,69, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahawa data pre-test dan post-test berdistribusi normal dan berpengaruh. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Snowball Throwing berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan menulis naskah drama oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 41 Medan tahun pembelajaran 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 032 |
Keywords: | Model Pembelajaran, Snowball Throwing, Naskah drama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Apr 2017 03:00 |
Last Modified: | 19 Apr 2017 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24094 |