Nainggolan, Hendra j (2017) PEMBELAJARAN SAXOPHONE PADA LEVEL I (PEMULA) DI LEMBAGA PENDIDIKAN MUSIK FARABI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2123140027 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
2 .NIM 2123140027 APPROVA SHEET.pdf - Published Version
Download (575kB) | Preview
3 .NIM 2123140027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
4. NIM 2123140027 PREFACE .pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
5. NIM 2123140027 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM 2123140027 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7. NIM 2123140027 LIST OF TABLES .pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM 2123140027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (537kB) | Preview
12. NIM 2123140027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
13. NIM 2123140027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Pembelajaran Saxophone Pada Level I (Pemula) di
Lembaga Pendidikan Musik Farabi Medan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk
mengetahui pembelajaran saxophone pada level I (pemula) di Lembaga
Pendidikan Musik Farabi Medan, untuk mengetahui metode pembelajaran
saxophone pada level I (pemula) yang digunakan di Lembaga Pendidikan Musik
Farabi Medan, untuk mengetahui materi pembelajaran saxophone pada level I
(pemula) di Lembaga Pendidikan Musik Farabi Medan, untuk mengetahui
kemampuan pembelajaran saxophone pada level I (pemula) di Lembaga
Pendidikan Musik Farabi Medan, untuk mengetahui kendala yang didapatkan
dalam pembelajaran saxophone pada level I (pemula) di Lembaga Pendidikan
Musik Farabi Medan.
Penelitian ini berdasarkan landasan teoritis yang menjelaskan teori pembelajaran,
teori metode pembelajaran, teori materi pembelajaran, teori kemampuan belajar,
teori kendala, dan saxophone.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sampel dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti kelas saxophone pada level I
(pemula). Pengumpulan data ini dilakukan dengan metode observasi atau
pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka.
Setelah keseluruhan data terkumpul, kemudian dianalisis untuk menjawab seluruh
pertanyaan penelitian. Proses pembelajaran dilakukan selama 30` menit, waktu
yang digunakan untuk menjelaskan teori dan praktek berlangsung bersama-sama.
Tahap pelaksanaan pembelajaran saxophone pada level I (pemula), murid yang
mengikuti kelas ini berasal dari umur yang berbeda-beda. Pertemuannya pun
diatur sedemikan rupa berdasarkan jadwal yang telah disepakati dengan pengajar.
Didalam proses pembelajaran saxophone pada level I (pemula) ini materi yang
digunakan mengacau pada materi yang telah disusun oleh pengajar saxophone itu
sendiri, dengan beberapa metode yaitu metode ceramah, metode diskusi, metode
demonstrasi, metode imitasi, dan metode CAL. Murid dikatakan mampu jika
murid dapat memainkan saxophone dengan benar, bermain saxophone sesuai
teknik yang benar, dan menguasai materi pada pembelajaran saxophone pada level
I (pemula) dengan benar. Kendala dalam proses pembelajaran terdapat pada guru
dan murid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MUS 007 |
Keywords: | Pembelajaran, Saxophone, Level I (pemula) |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music > M1470 Aleatory music. Electronic music. Mixed media |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Apr 2017 02:27 |
Last Modified: | 19 Apr 2017 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24080 |