Nainggolan, Charles Yulianto (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SANITASI, HYGIENE DAN KESELAMATAN KERJA (K3) SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123142005 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 5123142005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (463kB) | Preview
3. NIM. 5123142005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 5123142005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 5123142005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 5123142005 TABLES.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
7. NIM. 5123142005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
8. NIM. 5123142005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
12. NIM. 5123142005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
13. NIM. 5123142005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui hasil belajar penanganan limbah pada siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran probem based learning. (2) mengetahui hasil belajar penanganan limbah pada siswa yang diajar dengan model ekspositori pada materi penanganan limbah, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar penanganan limbah siswa kelas X SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimen dengan desain penelitian two group pretes-postes. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 60 orang siswa. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling terdiri dari 2 variabel, yaitu model pembelajaran problem based learning (X), dan hasil belajar penanganan limbah (Y). Berdasarkan hasil penelitian, setelah diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning diperoleh hasil uji kecenderungan cukup sebesar 63%, dengan rata-rata hitung sebesar 43,5 dan standar deviasi 3,51. Dibandingkan dengam model pembelajaran ekspositori diperoleh hasil uji kecenderungan kurang sebesar 53%, dengan rata-rata hitung sebesar 25,6 dan standar deviasi 2,60. Dari hasil perhitungan uji hipotesis untuk postes diperoleh thitung > ttabel (54,24 >1,671), maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang positif dan sigifikan dengan penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar penanganan limbah kelas X SMK Negeri 3 Tebing Tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BOGA 020 |
Keywords: | Model pembelajaran problem based learning; Hasil belajar sanitasi; Hygiene dan keselamatan kerja (K3) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Apr 2017 08:13 |
Last Modified: | 18 Apr 2017 08:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24062 |