Siallagan, Joel B. (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK PADA XI SMK N 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123121012 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 5123121012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
3. NIM. 5123121012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
4. NIM. 5123121012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM. 5123121012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
6. NIM. 5123121012 LIST OF TABLES .pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 5123121012 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8. NIM. 5123121012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
12. NIM. 5123121012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
13. NIM. 5123121012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Example Non Example terhadap hasil belajar siswa menggambar teknik kelas XI SMK N 1 Balige Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 70 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI TP1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Example non Example dan kelas XI TP2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model Konvensional.Istrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Dari hasil penelitian data pretes dengan rata-rata kelas eksperimen 36,14 dan kelas kontrol 36 dan hasil post tes kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata post test sebesar 74,71 dan standar deviasi 9,77 sedangkan nilai rata – rata postest kelas kontrol sebesar 54 dengan standar deviasi 12,18. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data pretest dan post test berdistribusi normal dan variannya homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas diperoleh t_hitung sebesar 7,90 dan t_tabel sebesar 1,669.Karena t_hitung > t_tabel atau 7,90 > 1,669 Ha diterima. Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar menggambar teknik yang diajarkan model pembelajaran Example Non Example pada siswa kelas XI SMK N 1 Balige Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MES 050 |
Keywords: | Model pembelajaran example non example; Hasil belajar menggambar teknik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Apr 2017 07:38 |
Last Modified: | 18 Apr 2017 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24055 |