PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK PADA XI SMK N 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2016/2017

Siallagan, Joel B. (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK PADA XI SMK N 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5123121012 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5123121012 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5123121012 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5123121012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5123121012 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5123121012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5123121012 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5123121012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5123121012 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5123121012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5123121012 LIST OF TABLES .pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5123121012 LIST OF TABLES .pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5123121012 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5123121012 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5123121012 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5123121012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (497kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 5123121012 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 5123121012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5123121012 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5123121012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Example Non Example terhadap hasil belajar siswa menggambar teknik kelas XI SMK N 1 Balige Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 70 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI TP1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Example non Example dan kelas XI TP2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model Konvensional.Istrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Dari hasil penelitian data pretes dengan rata-rata kelas eksperimen 36,14 dan kelas kontrol 36 dan hasil post tes kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata post test sebesar 74,71 dan standar deviasi 9,77 sedangkan nilai rata – rata postest kelas kontrol sebesar 54 dengan standar deviasi 12,18. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data pretest dan post test berdistribusi normal dan variannya homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas diperoleh t_hitung sebesar 7,90 dan t_tabel sebesar 1,669.Karena t_hitung > t_tabel atau 7,90 > 1,669 Ha diterima. Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar menggambar teknik yang diajarkan model pembelajaran Example Non Example pada siswa kelas XI SMK N 1 Balige Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MES 050
Keywords: Model pembelajaran example non example; Hasil belajar menggambar teknik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 18 Apr 2017 07:38
Last Modified: 18 Apr 2017 07:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24055

Actions (login required)

View Item
View Item