Safarati, Nanda (2017) EFEK MODEL SCIENTIFIC INQUIRY MENGGUNAKAN MEDIA PHET DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156176034 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 8156176034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (640kB) | Preview
3. NIM. 8156176034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
4. NIM. 8156176034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
5. NIM. 8156176034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
6. NIM. 8156176034 TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM. 8156176034 ILLUSTRARTION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. NIM. 8156176034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9. NIM. 8156176034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
13. NIM. 8156176034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
14. NIM. 8156176034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: keterampilan proses sains yang diajarkan dengan model scientific inquiry menggunakan media PhET lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran direct instruction, keterampilan proses sains fisika siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis menggunakan model scientific inquiry diatas rata-rata lebih baik daripada siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis menggunakan model direct instruction di atas rata-rata, dan interaksi model pembelajaran scientific inquiry menggunakan media PhET dengan keterampilan berpikir kritis siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains fisika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain two group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Peusangan semester II tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan proses sains dan tes keterampilan berpikir kritis. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model scientific inquiry menggunakan media PhET lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran direct instruction, keterampilan proses sains fisika siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis menggunakan model scientific inquiry diatas rata-rata lebih baik daripada siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis menggunakan model direct instruction di atas rata-rata, dan terdapat interaksi model pembelajaran scientific inquiry menggunakan media PhET dengan keterampilan berpikir kritis siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Saf e |
Keywords: | Model scientific inquiry menggunakan media PhET; Keterampilan berpikir kritis; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 18 Apr 2017 03:07 |
Last Modified: | 18 Apr 2017 03:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24032 |