Handoko, Dwi Chandra (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DENGAN METODE TUTOR SEBAYA PADA PRAKTEK PENGELASAN KELAS XI DI SMK NEGERI 2 BINJAI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5121121001 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
02. NIM 5121121001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
03. NIM 5121121001 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
04. NIM 5121121001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
05. NIM 5121121001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
06. NIM 5121121001 TABLES.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
07. NIM 5121121001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
08. NIM 5121121001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
09. NIM 5121121001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
13. NIM 5121121001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
14. NIM 5121121001 BIBLIGRAPHY.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Hasil belajar praktek pengelasan siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2015/2016 masih kurang maksimal dipengaruhi oleh faktor eksternal diantaranya keterbatasan alat. Untuk mengatasi masalah tersebut tentu dengan menambah alat dan jam pelajaran tersebut namun membutuhkan biaya yang mahal. Penelitian ini bertujuan untuk menjadi solusi memecahkan masalah dengan alat yang ada serta biaya yang relative murah dengan menggunakan metode Demonstrasi dan Tutor sebaya. Jenis Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Jumlah populasi penelitian ini sebayak 44 siswa kelas XI Teknik Pengelasan SMK Negeri 2 Binjai Tahun Ajaran 2016/2017 dengan jumlah sampel sebayak 22 siswa yang di tentukan dengan menggunakan rumus Slovin dengan taraf 5%. Pemilihan sampel menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan adalah Tes dan Pratikum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Tidak ada Perbedaan hasil belajar pengelasan siswa menggunakan metode Demonstrasi dengan Tutor Sebaya, dibuktikan dengan nilai rata-rata Demonstrasi 79,18 dan Tutor Sebaya 78,27 artinya kedua metode belajar tersebut dapat meningkatkan hasil belajar jika di bandingkan dengan nilai rata-rata yang menggunakan metode konvensional adalah 70,5.