Rangkuti, Fadli Hamdi (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KETENAGALISTRIKAN DI SMK N 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103131010 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM. 5103131010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
3. NIM. 5103131010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4. NIM. 5103131010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 5103131010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM. 5103131010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 5103131010 TABLES.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
8. NIM. 5103131010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
9. NIM. 5103131010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
13. NIM. 5103131010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 5103131010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Team Accelerated Instruction (Tai) Terhadap Hasil Belajar Dasar Dan Pengukuran Listrik Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Ketenaga Listrikan Di SMK N 1 Lubuk Pakam. Populasi dalam penelitian ini adalah Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X program keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling dengan secara sengaja tersebut didapatkan 2 kelas yang akhirnya menjadi sampel penelitian yaitu kelas eksperimen X1 Teknik Ketenagalistrikan diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran Team Accelerated Innstruction (TAI). Kelas kontrol X2 Teknik Ketenaga listrikan diterapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Data dikumpulkan menggunakan data hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar siswa pada meteri pokok instasi listrik penerangan. Tes ini berbentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal dengan empat option (pilihan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan tabel validitas menunjukkan bahwa dari 30 soal yang diujicobakan terdapat 25 soal yang valid, dari validitas instrument juga terdapat 5 soal yang tidak valid, 25 soal reliable, data pretes, postes, gain memiliki harga sig. > 0,05 yang menunjukkan bahwa data tersebut berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan kedua kelompok sampel berasal dari populasi yang homogen, Hipotesis yaitu melihat perbedaan hasil belajar dari penerapan model pembelajaran Team Acseleration Instruktion (TAI) pada materi dasar dan pengukuran listrik. Di mana hasil belajar siswa ditentukan dari data postest. Secara umum hasil pengujian hipotesis dengan Independent Sample T Test diketahui harga signifikasi sebesar 0,008 sehingga 0,008 < 0,05 dan thitung (1,800) > ttabel (1,672) yang berarti Ha diterima yaitu Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan dari penerapan Team Acseleration Instruction (TAI) terhadap hasil belajar siswa pada materi dasar dan pengukuran arus listrik program keahlian Teknik Ketenaga listrikan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.