Gurning, Roland (2017) ANALISIS TENTANG KOMPETENSI SOSIAL GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN GIRSANG SIPANGAN BOLON KABUPATEN SIMALUNGUN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111063_COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 1133111063_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
3. NIM. 1133111063_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM. 1133111063_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5. NIM. 1133111063_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
6. NIM. 1133111063_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM. 1133111063_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1133111063_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1133111063_BAB I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
13. NIM. 1133111063_BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 1133111063_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah Penelitian ini yaitu bagaimanakah kompetensi sosial yang dimiliki oleh guru yang bersertifikasi di SD Negeri se-Kecamatan. Girsang Sipangan Bolon, Kab. Simalungun Tahun Ajaran 2016/2017.
Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk mengetahui seberapa besar kompetensi sosial yang dimiliki oleh guru di SD Negeri se-Kec. Girsang Sipangan Bolon, Kab. Simalungun Tahun Ajaran 2016/2017”. Penelitian ini diharapkan dapat menemukan kejelasan dari suatu keadaan/populasi berupa analisis kompetensi sosial guru di SD Negeri se-Kec. Girsang Sipangan Bolon, Kab. Simalungun.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan secara sitematis, faktual dan akurat suatu fakta dan sifat dari populasi tertentu.Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru-guru Sekolah Dasar Negeri yang sudah sertifikasi di seluruh wilayah Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun yang terdiri dari 17 SD Negeri dan 76 orang, sampel dalam penelitian ini adalah 38 orang dengan pemilihan sampel dilakukan dengan cara teknik purposive sampling (sampel terpilih) yaitu tipe penarikan sample nonprobabilitas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket menggunakan rumus Mean.
Hasil penelitian bahwa pada indikator Terampil berkomunikasi tergolong baik, Bersikap simpatik tergolong sangat baik, dapat bekerja sama tergolong baik, pandai bergaul tergolong baik, memahami dunia sekitar tergolong sangat baik. Dan persentase responden yang kategori sangat baik berjumlah 23,68%, kategori baik 65,78%, kategori cukup baik 10,52%, kategori kurang baik 0%. Secara keseluruhan dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap guru-guru yang telah sertifikasi di 7 SD Negeri di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon T.A 2016 / 2017 yaitu: SD Negeri 091462 Parapat, SD Negeri 091464 Parapat, SD Negeri 091466 Girsang, SD Negeri 091468 Sipangan Bolon, SD Negeri 091471 Parapat, SD Negeri 094150 Girsang, dan SD Negeri 097356 Guluan tergolong baik dalam penerapan dan penguasaan kompetensi sosial.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan pihak yang terkait dalam hal ini Dinas Pendidikan UPTD Kabupaten Simalungun, UPTD Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Mahasiswa, Dosen, Masyarakat, Kepala Sekolah dan Guru Dapat berpartisipasi meningkatkan Kompetensi Sosial Guru SD Negeri Se-Kecamatan Girsang Sipangan Bolon sesuai dengan kedudukannya masing-masing
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 027 |
Keywords: | Guru, Analisa, Berkomunikasi, Simpatik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 03:08 |
Last Modified: | 17 Apr 2017 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24004 |