Dewi, Elvina Rahmi (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKTALK- WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SOAL CERITA MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 101801 KEDAI DURIAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1132111003_COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 1132111003_PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (595kB) | Preview
3. NIM. 1132111003_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4. NIM. 1132111003_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
5. NIM. 1132111003_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
6. NIM. 1132111003_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7. NIM. 1132111003_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 1132111003_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
9. NIM. 1132111003_BAB I.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
13. NIM. 1132111003_BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM. 1132111003_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh stategi
pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write terhadap hasil belajar siswa pada
soal cerita matematika di kelas IV SD Negeri 101801 Kedai Durian Tahun Ajaran
2016/2017. Pengaruh dari strategi pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write
terhadap hasil belajar siswa pada soal cerita matematika adalah mempengaruhi
kerjasama antarsiswa, menumbuh kembangkan kemampuan pemahaman
komunikasi siswa terhadapa materi pelajaran, siswa semakin berminat untuk
belajar matematika. Jenis penelitian berupa eksperimen dengan desainnya berupa
eksperimen Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh
siswa kelas IV yang ada di SD Negeri 101801 yang berjumlah 66 siswa. Sampel
terdiri dari 2 kelas, kelas IV-A berjumlah 31 siswa dan kelas IV-B berjumlah 35
siswa. Teknik instrument tes melalui tes dan observasi. Uji instrument tes
menggunakan uji validitas dengan rumus product moment dan uji reliabilitas
menggunakan rumus alpha. Analisis data menggunakan uji normalitas dengan
rumus uji liliefors, uji homogenitas dengan rumus uji F, dan uji hipotesis dengan
rumus uji-t. Uji instrument tes sebanyak 20 soal valid. Pada uji reabilitas reabilitas
tes tergolong rendah 0,31. Analisis data tes akhir diperoleh hasil rata-rata dari
kelas eksperimen 80,8 (baik) dengan standar deviasi 5,50 sedangkan kelas kontrol
diperoleh 69,3 (cukup) dengan standar deviasi 5,83. Pada uji normalitas di kelas
eksperimen nilai L0 (0,0007) < nilai Ltabel (0,1563) sedangkan kelas kontrol
diperoleh nilai L0 (-0,1662) < nilai Ltabel (0,1497) dimana kedua kelas berdistribusi
normal. Pada uji homogenitas nilai Fhitung = 1,1226 < 1,89 (homogen). Uji
hipotesis didapat thitung (8,16) > ttabel (1,99) dengan taraf signifikan α=0,05. Dari
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran
kooperatif tipe think-talk-write terhadap hasil belajar siswa pada soal cerita
matematika di kelas IV SD Negeri 101801 Kedai Durian Tahun Ajaran
2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 044 |
Keywords: | Hasil belajar, Pembelajaran Kooperatif, TTW |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 03:04 |
Last Modified: | 17 Apr 2017 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24003 |