Saanatun (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DENGAN MENGGUNAKAN KOMIK FISIKA DAN KREATIVITAS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.
1 COVER-8146175032.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2 PERNYATAAN PLAGIAT.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
3 LEMBAR PENGESAHAN-8146175032.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
4 ABSTRAK-8146175032.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
5 KATA PENGANTAR-8146175032.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
6 DAFTAR ISI-8146175032.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7 DAFTAR TABEL-8146175032.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8 DAFTAR GAMBAR-8146175032.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9 DAFTAR LAMPIRAN-8146175032.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
10 BAB I-8146175032.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
14 BAB V-8146175032.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15 DAFTAR PUSTAKA-8146175032.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Training dengan menggunakan komik fisika lebih baik daripada model pembelajaran konvensional serta pada kelompok kreativitas tinggi lebih baik daripada kelompok kreativitas rendah. Menganalisis interaksi antara kreativitas dengan model pembelajaran Inquiry Training dengan menggunakaan komik fisika terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta An-nizam Medan tahun ajaran 2016/2017. Pemilihan sampel diambil secara cluster random class. Sampel dibagi dalam dua kelas, kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training dengan menggunakan komik fisika dan kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan proses sains dan tes kreativitas. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan ANAVA dua jalur setelah data berdistribusi normal dan homogen pada data hasil pasca-pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan proses sains siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Training dengan menggunakan komik fisika lebih baik dibandingkan dengan keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional serta pada kelompok kreativitas di atas rata–rata lebih baik dibandingkan dengan keterampilan proses sains siswa pada kelompok kreativitas di bawah rata–rata, dan terdapat interaksi antara model pembelajaran Inquiry Training dengan menggunakan komik fisika dan pembelajaran konvensional pada tingkat kreativitas dalam mempengaruhi keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 Saa e |
Keywords: | Model pembelajaran; Inquiry training; Komik fisika; Konvensional; Kreativitas; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 02:39 |
Last Modified: | 17 Apr 2017 02:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24001 |