PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DENGAN MENGGUNAKAN KOMIK FISIKA DAN KREATIVITAS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP

Saanatun (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DENGAN MENGGUNAKAN KOMIK FISIKA DAN KREATIVITAS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1   COVER-8146175032.pdf]
Preview
Text
1 COVER-8146175032.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2   PERNYATAAN PLAGIAT.pdf]
Preview
Text
2 PERNYATAAN PLAGIAT.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 3   LEMBAR PENGESAHAN-8146175032.pdf]
Preview
Text
3 LEMBAR PENGESAHAN-8146175032.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of 4   ABSTRAK-8146175032.pdf]
Preview
Text
4 ABSTRAK-8146175032.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 5   KATA PENGANTAR-8146175032.pdf]
Preview
Text
5 KATA PENGANTAR-8146175032.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 6   DAFTAR ISI-8146175032.pdf]
Preview
Text
6 DAFTAR ISI-8146175032.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 7   DAFTAR TABEL-8146175032.pdf]
Preview
Text
7 DAFTAR TABEL-8146175032.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 8   DAFTAR GAMBAR-8146175032.pdf]
Preview
Text
8 DAFTAR GAMBAR-8146175032.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9   DAFTAR LAMPIRAN-8146175032.pdf]
Preview
Text
9 DAFTAR LAMPIRAN-8146175032.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 10   BAB I-8146175032.pdf]
Preview
Text
10 BAB I-8146175032.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 14 BAB V-8146175032.pdf]
Preview
Text
14 BAB V-8146175032.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 15 DAFTAR PUSTAKA-8146175032.pdf]
Preview
Text
15 DAFTAR PUSTAKA-8146175032.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Training dengan menggunakan komik fisika lebih baik daripada model pembelajaran konvensional serta pada kelompok kreativitas tinggi lebih baik daripada kelompok kreativitas rendah. Menganalisis interaksi antara kreativitas dengan model pembelajaran Inquiry Training dengan menggunakaan komik fisika terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta An-nizam Medan tahun ajaran 2016/2017. Pemilihan sampel diambil secara cluster random class. Sampel dibagi dalam dua kelas, kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training dengan menggunakan komik fisika dan kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan proses sains dan tes kreativitas. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan ANAVA dua jalur setelah data berdistribusi normal dan homogen pada data hasil pasca-pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan proses sains siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry Training dengan menggunakan komik fisika lebih baik dibandingkan dengan keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional serta pada kelompok kreativitas di atas rata–rata lebih baik dibandingkan dengan keterampilan proses sains siswa pada kelompok kreativitas di bawah rata–rata, dan terdapat interaksi antara model pembelajaran Inquiry Training dengan menggunakan komik fisika dan pembelajaran konvensional pada tingkat kreativitas dalam mempengaruhi keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Saa e
Keywords: Model pembelajaran; Inquiry training; Komik fisika; Konvensional; Kreativitas; Keterampilan proses sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 Apr 2017 02:39
Last Modified: 17 Apr 2017 02:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24001

Actions (login required)

View Item
View Item