Nisya, Zainun (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI BELAJAR PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, DAN REVIEW) PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 101800 DELITUA T. A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER ZAINUN NISYA (1133311035).pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN ZAINUN NISYA (1133311035).pdf - Published Version
Download (915kB) | Preview
03. ABSTRAK ZAINUN NISYA (1133311035).pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR ZAINUN NISYA (1133311035).pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
05. DAFTAR ISI ZAINUN NISYA (1133311035).pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL ZAINUN NISYA (1133311035).pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR ZAINUN NISYA (1133311035).pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR ZAINUN NISYA (1133311035).pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN ZAINUN NISYA (1133311035).pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
09. BAB I ZAINUN NISYA (1133311035).pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
13. BAB V ZAINUN NISYA (1133311035).pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA ZAINUN NISYA (1133311035).pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa rendah pada mata
pelajaran IPA,karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan penggunaan
media pembelajaran masih kurang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri
101800 Delitua T.A 2016/2017.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jumlah
siswa terdiri dari 28 orang siswa. Prosedur tindakan kelas ini dilakukan dalam 2
siklus dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan lembar observasi .Tes
digunakan untuk memperoleh data hasil belajar dan observasi digunakan untuk
memeroleh data aktivitas siswa. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabila
hasil belajar siswa meningkat, bila tingkat ketuntasan klasikal 80.
Berdasarkan analisis data pada saat pretest dari 28 siswa yang tuntas
sebanyak 6 orang siswa dengan persentase 21,4% dan yang tidak tuntas sebanyak 15
orang siswa dengan persentase 78,6% dengan nilai rata –rata 52,9. Setelah
melakukan postest siklus I diperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA
yang tuntas hasil belajarnya sebanyak 15 orang siswa dengan persentase 53,6% dan
yang tidak tuntas hasil belajarnya sebanyak 13 orang siswa dengan persentase 46,4
% dengan nilai rata- rata 64,1. Perolehan hasil siklus I perlu kiranya ditindak lanjuti
pada siklus II posttest II dengan perolehan hasil secara signifikan menjadi yang
tuntas hasil belajarnya sebanyak 25 orang siswa dengan persentase 89,3% dan yang
tidak tuntas hasil belajarnya sebanyak 3 orang siswa dengan persentase 10,7%
dengan nilai rata- rata 76,5.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan Strategi
Pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA
materi Energi Panas dan Energi Alternatif di kelas IV SD Negeri 101800 Delitua T.A
2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 040 |
Keywords: | Hasil belajar, IPA, Strategi Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 02:24 |
Last Modified: | 17 Apr 2017 02:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23999 |