Utami, Annisa Rizki (2017) PENERAPAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101801 KEDAI DURIAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER ANNISA RIZKI UTAMI ( 1133311020).pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN ANNISA RIZKI UTAMI (1133311020).pdf - Published Version
Download (753kB) | Preview
03. ABSTRAK ANNISA RIZKI UTAMI (1133311020).pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR ANNISA RIZKI UTAMI (1133311020).pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
05. DAFTAR ISI ANNISA RIZKI UTAMI (1133311020).pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
06. DAFTAR GAMBAR ANNISA RIZKI UTAMI (1133311020).pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
06. DAFTAR GAMBAR ANNISA RIZKI UTAMI (1133311020).pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
07. DAFTAR TABEL ANNISA RIZKI UTAMI (1133311020).pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN ANNISA RIZKI UTAMI (1133311020).pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
09. BAB I ANNISA RIZKI UTAMI (1133311020).pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
13. BAB V ANNISA RIZKI UTAMI (1133311020).pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA ANNISA RIZKI UTAMI (1133311020).pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam Penelitian ini adalah rendahnya sikap kreatif siswa dalam
pembelajaran IPA pada materi pokok Energi Panas dan Energi Bunyi. Rendahnya
sikap kreatif siswa ini disebabkan kurangnya keterlibatan siswa dalam
pembelajaran dan metode pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat serta
kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan
sikap kreatif siswa.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan
dilaksanakan dengan dua siklus dimana setiap siklus dilakukan dua kali
pertemuan jadi dalam 2 siklus terdapat 4 kali pertemuan.Dalam setiap siklus
terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran, dan peningkatan sikap
kreatif siswa dengan menerapkan metode pembelajaran Talking Stick pada materi
Energi Panas dan Energi Bunyi kelas IV SD Negeri 101801 Kedai Durian. Subjek
dalam penelitian ini adalah 33 siswa. Objek dalam pnelitian ini adalah penerapan
metode pembelajaran Talking Stick. Cara pengambilan data adalah melalui nilai
observasi dan Angket.
Dari analisis data dilihat Pada siklus I diperoleh 20 siswa (61 %) yang
kreatif mencapai nilai minimum 70 dan 13 siswa (39%) yang tidak kreatif
mencapai minimum 70 dengan rata–rata kelas 69,32. Pada siklus II diperoleh hasil
observasi sikap kreatif siklus II yaitu 25 siswa (76 %) yang kreatif mencapai nilai
minimum 70 dan 8 (24 %) yang tidak tuntas mencapai nilai minimum 70 dengan
rata–rata kelas 76,74. Kreatif siswa mengalami peningkatan, yaitu peresentase
ketuntasan klasikal pada observasi siklus I (61 %) dan presentase ketuntasan
klasikal pada observasi siklus II (85 %).
Berdasarkan hasil observasi pada setiap siklus, lembar angket setiap
pembelajaran pada saat proses pembelajaran sudah baik. Dari hasil penelitian
disimpulkan bahwa terjadi peningkatan sikap kreatif siswa melalui penerapan
metode pembelajaran Talking Stick pada materi Energi Panas dan Energi Bunyi
kelas IV SD Negeri 101801 Kedai Durian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SKK-2017 PGSD 042 |
Keywords: | Sikap, Metode pembelajaran, IPA, Energi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 02:20 |
Last Modified: | 17 Apr 2017 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23998 |