PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READINGS AND COMPOSITION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 101797 DELITUA T.A 2016 / 2017

Aritonang, Elisabeth (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READINGS AND COMPOSITION DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 101797 DELITUA T.A 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. ELISABETH ARITONANG, 1133111018, COVER.pdf]
Preview
Text
1. ELISABETH ARITONANG, 1133111018, COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 2. ELISABETH ARITONANG,1133111018, LEMBAR PERSETUJUAN & LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. ELISABETH ARITONANG,1133111018, LEMBAR PERSETUJUAN & LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 3.ELISABETH ARITONANG, 1133111018,ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3.ELISABETH ARITONANG, 1133111018,ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 4.ELISABETH ARITONANG,1133111018, KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4.ELISABETH ARITONANG,1133111018, KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 5.ELISABETH ARITONANG,1133111018, DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5.ELISABETH ARITONANG,1133111018, DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 6.ELISABETH ARITONANG,1133111018,DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6.ELISABETH ARITONANG,1133111018,DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 7.ELISABETH ARITONANG,1133111018,DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7.ELISABETH ARITONANG,1133111018,DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 8.ELISABETH ARITONANG,1133111018, DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8.ELISABETH ARITONANG,1133111018, DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 9.ELISABETH ARITONANG,1133111018, BAB I.pdf]
Preview
Text
9.ELISABETH ARITONANG,1133111018, BAB I.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of 14.ELISABETH ARITONANG,1133111018,DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14.ELISABETH ARITONANG,1133111018,DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 15.ELISABETH ARITONANG,1133111018,LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
15.ELISABETH ARITONANG,1133111018,LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi bebas dengan pilihan
kata yang tepat. Beberapa masalah yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar
siswa yaitu metode yang digunakan guru dalam mengajar masih monoton dan
tidak bervariasi, siswa belum mampu memenuhi aturan menulis puisi bebas, guru
tidak memberikan latihan pada saat materi menulis puisi bebas. Dengan demikian
rumusan masalah pada penelitian ini adalah “apakah penerapan model
pembelajaran Cooperative Integrated Readings And Composition pada siswa
kelas V SD Negeri 101797 Delitua dapat meningkatkan motivasi belajar siswa”.
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Cooperative
Integrated Readings And Composition dalam meningkatkan motivasi belajar
Bahasa Indonesia Siswa kelas V SD Negeri 101797 Delitua.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri
dari dua siklus, siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V
SD Negeri 101797 Delitua yang berjumlah 30 siswa. Sebelum dilakukan tindakan
pada siklus I, peneliti melakukan observasi untuk mengetahui kondisi awal
motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pada saat
kondisi awal dari 30 siswa,3 orang siswa yang memperoleh kriteria motivasi
sangat tinggi dengan persentase 10%, 2 orang siswa yang memperoleh kriteria
motivasi tinggi dengan persentase 6,67%, selanjutnya 4 orang siswa yang
memperoleh kriteria motivasi sedang dengan persentase13,33%, dan 21 orang
siswa yang memperoleh kriteria motivasi rendah dengan persentase 70%. Dari
hasil kondisi awal ditindaklanjut pada siklus I dengan menerapkan model CIRC
diperoleh hasil yaitu 4 orang siswa yang memiliki kriteria sangat tinggi dengan
persentase 13,33%, 8 orang siswa yang memiliki kriteria tinggi dengan persentase
26,67%, sedangkan 2 orang yang memiliki kriteria sedang dengan persentase
6,67%, dan 16 orang siswa yang memiliki kriteria rendah dengan persentase
53,33%. Dari hasil siklus I peneliti menindaklanjuti pada siklus II dengan
perolehan 26 orang siswa yang memiliki kriteria sangat tinggi dengan persentase
86.67%, 2 orang siswa yang memiliki kriteria tinggi dengan persentase 6,67%,
kemudian 2 orang siswa yang memiliki kriteria sedang dengan persentase 6,67%,
dan sudah tidak ada siswa yang memiliki kriteria rendah.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran Cooperative Integrated Readings And Composition Dapat
Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri
101797 Delitua T.A 2016/ 2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 034
Keywords: Motivasi, Model Pembelajaran, menulis puisi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Apr 2017 02:07
Last Modified: 17 Apr 2017 02:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23996

Actions (login required)

View Item
View Item