Tarigan, MR Pocky Ray Robby (2017) PENERAPAN METODE REWARD AND PUNISMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 101800 DELITUA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 1133311115 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
02. NIM 1133311115 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (845kB) | Preview
03. NIM 1133311115 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
04. NIM 1133311115 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
05. NIM 1133311115 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
06. NIM 1133311115 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
07. NIM 1133311115 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. NIM 1133311115 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
09. NIM 1133311115 BAB I.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
13. NIM 1133311115 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM 1133311115 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
Abstract
Masalah dari penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada
pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi
belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan penerapan metode reward
and punishmentmateri pokok satuan panjang baku.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian
dilaksanakan di SD Negeri 101800 Delitua yang beralamat di Jl. Teratai, DeliTua.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri 101800
Delitua T.A 2016/2017 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan
adalah observasi.
Hasil pengamatan dan data penelitian yang dilakukan terhadap
peningkatan motivasi belajar siswa pada materi ajar satuan panjang baku dengan
menggunakan metode reward and punishment pada kelas IV SD Negeri 101800
Delitua, maka peneliti membuat kesimpulan sebagai berikut, pada siklus I
peningkatan motivasi belajar siswa sudah mulai tampak, namun belum dikatakan
berhasil karena masih banyak siswa yang memiliki motivasi baik, peningkatan
motivasi siklus I ada sekitar 26,67% yang motivasi belajar sangat baik, dan
motivasi belajar siswa baik menjadi 56,66% dan indikator untuk siswa yang
motivasi belajar cukup 16,67%. Pada siklus II motivasi belajar siswa sudah
tampak dan sudah bisa dikatakan berhasil, karena ada 3 orang siswa yang
memiliki kriteria motivasi belajar siswa baik (10%), dan 27 orang siswa yang
memiliki kriteria motivasi belajar sangat baik (90%).Hasil pengamatan lembar
observasi guru dalam menerapkan metode reward and punishment juga
mengalami peningkatan sebagai berikut: pada siklus I pertemuan 1 dan 2, nilai
rata-rata lembar observasi guru adalah 81,875. Pada siklus II pertemuan 3 dan 4
meningkat dengan nilai rata-rata mencapai 95.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode reward
and punishment dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran
matematika khususnya materi pokok satuan panjang baku.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 041 |
Keywords: | Reward and Punisment,Motivasi Belajar Siswa, Matematika |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 02:03 |
Last Modified: | 17 Apr 2017 02:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23995 |