Nasution, Auliya Sarah (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD SWASTA SALSA CINTA RAKYAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 1133111010 JUDUL.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 1133111010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (622kB) | Preview
3. NIM. 1133111010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. NIM 1133111010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. NIM. 1133111010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM. 1133111010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
7. NIM 1133111010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. NIM. 1133111010 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
9. NIM. 113311010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
10. NIM. 1133111010 BAB I.pdf.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
14. NIM. 1133111010 BAB V.pdf.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
15. NIM. 1133111010 DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan kognitif siswa,
proses kegiatan belajar mengajar yang masih bersifat konvensional, suasana
belajar yang kurang menyenangkan, siswa yang bermain dengan sendirinya saat
mengikuti proses pembelajaran, dan interaksi saat pembelajaran di dalam kelas
baik guru terhadap siswa maupun siswa terhadap siswa lainnya masih rendah yang
menyebabkan kemampuan berpikir kognitif siswa dalam pelajaran IPS masih
rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
berpikir kognitif siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Jenis-Jenis
Kegiatan Ekonomi Masyarakat dengan menggunakan model pembelajaran Word
Square.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan di SD Swasta Salsa Cinta Rakyat pada kelas V-A semester genap
TA. 2016/2017 dengan 28 siswa. Terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 11 siswa
perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes berupa
soal uraian dengan jawaban singkat dan observasi berupa observasi kegiatan guru
dan siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua,dan setiap sikulus terdiri dari 2
pertemuan. Dimana setiap siklus juga ada 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan,
observasi dan refleksi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan pada kondisi awal diperoleh
nilai rata-rata kelas sebesar 45,71 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar
14,3% dengan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 4 orang. Selanjutnya
pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 71,07 dan persentase
ketuntasan klasikal sebesar 64,3% dengan jumlah siswa yang tuntas belajar
sebanyak 18 orang. Dan pada siklus II, diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar
81,07 dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 85,8% dengan jumlah siswa
yang tuntas belajar sebanyak 24 orang. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa
dengan menggunakan model pembelajaran Word Squaredapat meningkatkan
kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V-A SD Swasta Salsa
Cinta Rakyat T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 048 |
Keywords: | Model Pembelajaran, Word Square, IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 01:36 |
Last Modified: | 17 Apr 2017 01:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23990 |