Herawati, Nirwana (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DI KELAS V SD NEGERI 101799 DELI TUA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER NIRWANA HERAWATI (NIM.1131111023).pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN NIRWANA HERAWATI (NIM.1131111023).pdf - Published Version
Download (767kB) | Preview
03. ABSTRAK NIRWANA HERAWATI (NIM.1131111023).pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
05. DAFTAR ISI NIRWANA HERAWATI (NIM.1131111023).pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR NIRWANA HERAWATI (NIM.1131111023).pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
07. DAFTAR GAMBAR NIRWANA HERAWATI (NIM.1131111023).pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
08. DAFTAR LAMPIRAN NIRWANA HERAWATI (NIM.1131111023).pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
09. BAB I NIRWANA HERAWATI (NIM.1131111023).pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
09. BAB I NIRWANA HERAWATI (NIM.1131111023).pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
13. BAB V NIRWANA HERAWATI (NIM.1131111023).pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA NIRWANA HERAWATI (NIM.1131111023).pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS yaitu materi pokok bahasan perjuangan mempersiapkan kemerdekaan
Indonesia. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasi belajar siswa
pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing materi
pokok perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di kelas V.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam
penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101799 Delitua yang
berjumlah 31 orang siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan.
Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali
pertemuan. Jadi dalam 2 siklus ada 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4
tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data kuantitatif
berupa tes dan data kualitatif berupa observasi.
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan terdapat hasil belajar siswa
tergolong rendah, dari jumlah 31 siswa pada mata pelajaran IPS perolehan hasil nilai pre
tes (tindakan awal) terdapat 6 siswa yang tuntas hasil belajar dengan persentase 19.36%
dan belum tuntas 25 siswa dengan persentase 80.64% dengan nilai rata-rata klasikal
siswa sebesar 50.48. peneliti menindaklanjuti pada siklus I dengan menggunakan model
pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran IPS perolehan hasil siklus I meningkat
menjadi 14 siswa yang tuntas hasil belajar dengan persentase 45.16% dan belum tuntas
terdapat 17 siswa dengan persentase 54.84% dengan nilai rata-rata klasikal meningkat
menjadi 66.30. Berdasarkan kesimpulan sementara bahwa hasil belajar siswa belum
sesuai dengan yang diharapkan atau belum mencapai tingkat ketuntasan secara klasikal
yang baik, sehingga perlu perbaikan dan pengembangan pembelajaran pada siklus II.
Pada siklus II perolehan hasil belajar meningkat menjadi 29 siswa yang tuntas hasil
belajar dengan persentase 93.55% dan belum tuntas 2 siswa dengan persentase 6.45%
dengan nilai rata-rata siswa secara klasikal sebesar 79.83.
Berdasarkan analisis di atas, dapat disimpulkan dengan menggunakan model
pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
IPS materi pokok perjuangan mempersiapkan kemerdekaan Indonesia di kelas V SD
Negeri 101799 Delitua T.A 2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 085 |
Keywords: | Hasil belajar, Model Pembelajaran Role playing, iPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Apr 2017 07:37 |
Last Modified: | 13 Apr 2017 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23983 |