PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 101775 SAMPALI TAHUN AJARAN 2016/2017

Ruwita, Lili (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 101775 SAMPALI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1132111007_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1132111007_COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1132111007_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1132111007_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (638kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1132111007_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1132111007_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1132111007_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1132111007_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1132111007_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1132111007_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1132111007_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1132111007_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1132111007_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1132111007_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1132111007_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1132111007_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1132111007_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1132111007_BAB I.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1132111007_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1132111007_BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1132111007_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1132111007_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Rendahnya tingkat pemahaman
siswa pada mata pelajaran IPA materi Gaya dan Pengaruhnya, 2) Dalam proses
pembelajaran, guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional; 3)
Minimnya penggunaan media pembelajaran; 4) Rendahnya hasil belajar siswa
pada mata pelajaran IPA materi Gaya dan Pengaruhnya. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing-Prompting terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 101775 Sampali
tahun ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain
pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas V SDN 101775 Sampali yang berjumlah 54 orang dan seluruhnya
dijadikan sampel dalam penelitian ini. Sampel terbagi dalam dua (2) kelas dengan
perlakuan yang berbeda, yaitu kelas VA yang berjumlah 28 orang sebagai kelas
kontrol dengan model konvensional dan kelas VB yang berjumlah 26 orang
sebagai kelas eksperimen dengan model probing-prompting. Variabel dalam
penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran probingprompting
dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah teknik tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah
dengan menggunakan uji-t, yang sebelumnya sudah diketahui hasil uji normalitas
dan homogenitasnya.
Dari hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen =
66,54 dan kelas kontrol = 61,07. Selanjutnya nilai rata-rata post-test kelas
eksperimen = 80 dan kelas kontrol = 68,04. Dari hasil perhitungan uji normalitas
data pre-test dan post-test kelas eksperimen diperoleh nilai Lhitung = -0,0063 dan
0,0433 dengan derajat kebebasan 26 dan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh Ltabel
= 0,174. Dengan demikian Lhitung > Ltabel, sehingga sampel berdistribusi normal.
Selanjutnya hasil perhitungan uji normalitas data pre-test dan post-test kelas
kontrol diperoleh nilai Lhitung = 0,0194 dan -0,0013 dengan derajat kebebasan 28
dan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh Ltabel = 0,167. Dengan demikian Lhitung >
Ltabel, sehingga sampel berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas
data pre-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung = 1,198 dan dari
data post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh Fhitung = 1,695 dengan
dkpembilang = 27 dan dkpenyebut = 25 diperoleh Ftabel = 1,939. Dengan demikian
sampel berasal dari populasi yang homogen. Selanjutnya hasil perhitungan uji-t
diperoleh thitung sebesar 3,208 dengan derajat kebebasan 52 dan taraf signifikansi α
= 0,05 diperoleh ttabel sebesar 2,006.
Dengan demikian thitung > ttabel (3,208 > 2,006), sehingga Ha diterima dan
H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran
probing-prompting terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 101775
Sampali.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 65
Keywords: IPA, Tujuan Belajar, Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Apr 2017 04:41
Last Modified: 13 Apr 2017 04:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23975

Actions (login required)

View Item
View Item