PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CHLIDREN LEARNING IN SCIENCE DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X TKR SMK NEGERI 1 MERDEKA TAHUN AJARAN 2016 / 2017

Pinem, Yopendri (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CHLIDREN LEARNING IN SCIENCE DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X TKR SMK NEGERI 1 MERDEKA TAHUN AJARAN 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM. 5123121033 COVER. pdf.pdf]
Preview
Text
01. NIM. 5123121033 COVER. pdf.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM. 5123121033 APPROVAL SHEET.pdf.pdf]
Preview
Text
02. NIM. 5123121033 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM. 5123121033 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
03. NIM. 5123121033 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM. 5123121033 PREFACE.pdf.pdf]
Preview
Text
04. NIM. 5123121033 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM. 5123121033 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf]
Preview
Text
05. NIM. 5123121033 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM. 5123121033 TABLES.pdf.pdf]
Preview
Text
06. NIM. 5123121033 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM. 5123121033 ILLUSTRATION.pdf.pdf]
Preview
Text
07. NIM. 5123121033 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM. 5123121033 APPENDICES.pdf.pdf]
Preview
Text
08. NIM. 5123121033 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 09. NIM. 5123121033 CHAPTER I.pdf.pdf]
Preview
Text
09. NIM. 5123121033 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5123121033 CHAPTER  V.pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5123121033 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5123121033 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5123121033 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar menggambar teknik siswa yang di ajar denganStrategi Pembelajaran Chlidren Learning In Science Dan Strategi Pembelajaran Konvensional Pada Siswa Kelas X TKR SMK Negeri 1 Merdeka. (2) perbedaan hasil belajar menggambar teknik siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah Pada Siswa Kelas X TKR SMK Negeri 1 Merdeka. (3) interaksi strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajarPada Siswa Kelas X TKR SMK Negeri 1 Merdeka. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Merdeka sebanyak 60 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik bertujuan(purposive sampling), yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen TKR1 sebanyak 30 orang dan kelompok konvensional TKR2 sebanyak 30 orang. Metode Penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu. Instrumen yang digunkan dalam penelitian ini tes hasil menggambar teknik dan tes kemampuan awal. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA 2 X 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh(1) Strategi pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dan Strategi pembelajaran Konvensional memberi pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar Menggambar Teknik X TKR SMK Negeri 1 Merdeka Tahun Ajaran 2016/2017, dimana Fhitung (31,7) >Ftabel (4,020) (2) Motivasi berprestasi tinggi dan rendah memberi pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar menggambar teknik X TKR SMK Negeri 1 Merdeka Tahun Ajaran 2016/2017, dimana Fhitung (19,22) >Ftabel(4,020) (3) Tidak ada interaksi strategi pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dan Strategi pembelajaran Konvensional dengan tingkat motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Menggambar Teknik, dimana Fhitung (38,6) < Ftabel (4,020). Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk mengunakan strategi pembelajaran CLIS dalam meningkatkan hasil belajar menggambar teknik siswa. Selain itu guru diharapakan lebih mengenal bagaimana motivasi berprestasi masing-masing siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MES 032
Keywords: Strategi pembelajaran; CLIS; Motivasi berprestasi; Hasil belajar Menggambar teknik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 12 Apr 2017 04:11
Last Modified: 12 Apr 2017 04:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23961

Actions (login required)

View Item
View Item