Pinem, Yopendri (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CHLIDREN LEARNING IN SCIENCE DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X TKR SMK NEGERI 1 MERDEKA TAHUN AJARAN 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5123121033 COVER. pdf.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
02. NIM. 5123121033 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
03. NIM. 5123121033 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
04. NIM. 5123121033 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
05. NIM. 5123121033 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
06. NIM. 5123121033 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
07. NIM. 5123121033 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. NIM. 5123121033 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
09. NIM. 5123121033 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
13. NIM. 5123121033 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM. 5123121033 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar menggambar teknik siswa yang di ajar denganStrategi Pembelajaran Chlidren Learning In Science Dan Strategi Pembelajaran Konvensional Pada Siswa Kelas X TKR SMK Negeri 1 Merdeka. (2) perbedaan hasil belajar menggambar teknik siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah Pada Siswa Kelas X TKR SMK Negeri 1 Merdeka. (3) interaksi strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajarPada Siswa Kelas X TKR SMK Negeri 1 Merdeka. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Merdeka sebanyak 60 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik bertujuan(purposive sampling), yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen TKR1 sebanyak 30 orang dan kelompok konvensional TKR2 sebanyak 30 orang. Metode Penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu. Instrumen yang digunkan dalam penelitian ini tes hasil menggambar teknik dan tes kemampuan awal. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA 2 X 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh(1) Strategi pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dan Strategi pembelajaran Konvensional memberi pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar Menggambar Teknik X TKR SMK Negeri 1 Merdeka Tahun Ajaran 2016/2017, dimana Fhitung (31,7) >Ftabel (4,020) (2) Motivasi berprestasi tinggi dan rendah memberi pengaruh yang berbeda terhadap hasil belajar menggambar teknik X TKR SMK Negeri 1 Merdeka Tahun Ajaran 2016/2017, dimana Fhitung (19,22) >Ftabel(4,020) (3) Tidak ada interaksi strategi pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dan Strategi pembelajaran Konvensional dengan tingkat motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Menggambar Teknik, dimana Fhitung (38,6) < Ftabel (4,020). Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk mengunakan strategi pembelajaran CLIS dalam meningkatkan hasil belajar menggambar teknik siswa. Selain itu guru diharapakan lebih mengenal bagaimana motivasi berprestasi masing-masing siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MES 032 |
Keywords: | Strategi pembelajaran; CLIS; Motivasi berprestasi; Hasil belajar Menggambar teknik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Apr 2017 04:11 |
Last Modified: | 12 Apr 2017 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23961 |