Lubis, Khairul Anwar (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT KEJURUAN TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK LISTRIK SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 TEBING TINGGI. Masters thesis, UNIMED.
8146122024 COVER.PDF - Published Version
Download (97kB) | Preview
8146122024 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version
Download (370kB) | Preview
8146122024 ABSTRAK.PDF - Published Version
Download (110kB) | Preview
8146122024 KATA PENGANTAR.PDF - Published Version
Download (118kB) | Preview
8146122024 DAFTAR ISI.PDF - Published Version
Download (64kB) | Preview
8146122024 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version
Download (35kB) | Preview
8146122024 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version
Download (34kB) | Preview
8146122024 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (33kB) | Preview
8146122024 BAB I.PDF - Published Version
Download (339kB) | Preview
8146122024 BAB V.PDF - Published Version
Download (104kB) | Preview
8146122024 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (328kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar Teknik Listrik siwa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran induktif dengan strategi pembelajaran deduktif pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Tebing Tinggi. (2) Perbedaan hasil belajar Teknik Listrik siswa yang memiliki minat kejuruan tinggi dan kelompok siswa yang memiliki minat kejuruan rendah pada kelas X SMK Negeri 2 Tebing Tinggi dan.(3) Interaksi strategi pembelajaran dengan minat kejuruan terhadap hasil belajar pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Tebing Tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 2 Tebing Tinggi yang berjumlah 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara acak dengan teknik cluster sampling, dengan mengambil 2 kelas dengan masing-masing kelas berjumlah 30 orang siswa. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar Teknik Listrik dan tes kemampuan awal. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA Faktorial 2 x 2 pada taraf signifikan α =0,05 . Berdasarkan hasil penelitian diperoleh : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar Teknik Listrik siswa kelas strategi pembelajan induktif dengan hasil belajar Teknik Listrik siswa kelas Strategi pembelajaran deduktif dengan Fhitung> Ftabel (12,02>4,02); (2) Terdapat perbedaan hasil belajar Teknik Listrik siswa yang memiliki minat kejuruan tinggi dengan hasil belajar Teknik Listrik siswa yang memiliki minat kejuruan rendah dengan Fhitung > Ftabel (11,60>4,02) ; dan (3) Ada interaksi antara strategi pembelajaran dan minat kejuruan terhadap hasil belajar Teknik Listrik dengan Fhitung > Ftabel ( 5,02>4,02) .Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan strategi pembelajan induktif dalam meningkatkan hasil belajar Teknik Listrik siswa. Selain itu guru diharapkan lebih mengenal bagaimana minat kejuruan masing-masing siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.358 Lub p |
Keywords: | Hasil belajar; Teknik listrik; Minat kejuruan; Strategi pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Apr 2017 04:00 |
Last Modified: | 12 Apr 2017 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23959 |