Nurjannah (2016) PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PAKEM PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SDN SUAK PUNTONG KABUPATEN NAGAN RAYA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146182046 COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2. NIM. 8146182046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
3. NIM. 8146182046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM. 8146182046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM. 8146182046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 8146182046 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 8146182046 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 8146182046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
12. NIM. 8146182046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
13. NIM. 8146182046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan karakter melalui penerapan pembelajaran PAKEM pada pembelajaran PPKn di SDN Suak Puntong Kabupaten Nagan Raya. Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung PAKEM dalam pembelajaran Karakter. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Kwalitatif. Populasinya adalah Kepala Sekolah SDN Suak Puntong dan guru mata pelajaran PPKn kelas IV. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil observasi adalah guru mata pelajaran PPKn dalam melakukan proses pembelajaran di kelas dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Hasil wawancara dengan guru mata pelajaran PPKn karakter adalah merupakan perubahan tingkah laku, nilai-nilai sikap dalam pembelajaran sebagai penggambaran tingkah laku dengan menonjolkan nilai (benar-salah, baik-buruk ). Pembahasan hasil wawancara dengan guru mata Pelajaran PPKn di SDN Suak Puntong, dalam membentuk karakter siswa tesrsebut melalui metode PAKEM dalam pembelajaran PPKn dengan cara menjelaskan contoh-contoh yang kongrit melalui media gambar, guru menjelaskan materi pembelajaran ada kaitannya dengan lingkungan sehari-hari yang sering dilihat dan diamati oleh siswa, seperti karakter jujur. Jadi karakter dibentuk melalui proses pembelajaran di beberapa tempat, seperti di rumah, dan di lingkungan sekitar tempat tinggal. Faktor penghambat guru dalam metode PAKEM seperti kurangnya buku paket untuk siswa, kurangnya media pembelajaran PPKn yang sesuai dengan materi pembelajaran, kurangnya sosialisasi guru tentang metode PAKEM. Guru kurang memahami model PAKEM. Dengan model Pakem, dapat mengurangi situasi dan kondisi model pembelajaran konvensional yang lebih menitik beratkan pada metode ceramah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Nur p |
Keywords: | Pengembangan karakter; Pembelajaran PAKEM |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > JF Political institutions (General) > JF1338 Public administration > JF1501 Civil service L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 12 Apr 2017 03:15 |
Last Modified: | 12 Apr 2017 03:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23955 |