PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN PEMBELAJARAN DISCOVERY

Sa’adah, Lia (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN PEMBELAJARAN DISCOVERY. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8146181013 COVER.pdf]
Preview
Text
8146181013 COVER.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 8146181013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
8146181013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 8146181013 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
8146181013 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 8146181013 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
8146181013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 8146181013 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
8146181013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 8146181013 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
8146181013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8146181013 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8146181013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8146181013 BAB I.pdf]
Preview
Text
8146181013 BAB I.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[thumbnail of 8146181013 BAB V.pdf]
Preview
Text
8146181013 BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 8146181013 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
8146181013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Perbedaan hasil belajar IPA dan keterampilan proses sainssiswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Discoverypada materi sumber energi panas di SD 101760 Bulucina Kecamatan Hamparan Perak. Jenis penelitian ini adalahPre-Experimental Design dengan rancangan Two Group Pretest-Posttest. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dan observasi keterampilan proses sains. Instrumen sudah valid dan reliabel dengan rhitunglebih besar rtabel. Analisis data menggunakan uji-t, karena data sudah memenuhi prasyarat analisis data yaitu normal dan homogen dengan nilai signifikan lebih besar dari nilai α. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Pembelajaran Discoverypada materi sumber energi panas di SD 101760 Bulucina Kecamatan Hamparan Perak; dan (2) Terdapat perbedaan keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Pembelajaran Discoverypada materi sumber energi panas di SD 101760 Bulucina Kecamatan Hamparan Perak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.35 Saa p
Keywords: Kerampilan proses sains; Inkuiri terbimbing; Pembelajaran discovery
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 12 Apr 2017 03:10
Last Modified: 12 Apr 2017 03:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23954

Actions (login required)

View Item
View Item