Tarihoran,, Amon Andreas (2017) PENGARUH KREATIVITAS GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK SWASTA ERIA MEDAN T.P. 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123141006 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
2. NIM. 7123141006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
4. NIM. 7123141006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
3. NIM. 7123141006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM.7123141006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
6. NIM. 7123141006 TABLES.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
7. NIM. 7123141006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. NIM. 7123141006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM. 7123141006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
13. NIM. 7123141006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM. 7123141006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya Kreativitas Guru
dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa”. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dan motivasi belajar
siswa terhadap hasil belajar siswa SMK Swasta Eria Medan.
Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek
yang diteliti siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK Swasta Eria Medan,
Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 40 siswa. Variabel penelitian ini
adalah kreativitas guru dan motivasi belajar siswa sebagai variabel bebas
sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar. Data diambil dengan metode
kuesioner dan dokumentasi. Pengolahan data memakai teknik analisis regresi
dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas guru berpengaruh positif
dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil Uji-t diperoleh nilai
sebesar 2,309 dengan sig. sebesar 0,049 (p<0,05). Motivasi belajar siswa memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil Uji-t diperoleh
nilai sebesar 2,233 dengan sig. sebesar 0,032 (p<0,05). Secara simultan
kreativitas guru dan motivasi belajar siswa mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 6,765 dengan
sig. sebesar 0,003 (p<0,05). Sedangkan kontribusi variabel kreativitas guru dan
motivasi belajar siswa terhadap nilai hasil belajar siswa sebesar 0,26 yang berarti
bahwa kedua variabel tersebut memberikan kontribusi pada variabel hasil belajar
siswa sebesar 26%, sedangkan sisanya sebesar 74% dipengaruhi oleh varian lain
diluar model penelitian yang tidak termasuk dalam batasan penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-217 ADP 010 |
Keywords: | Kreativitas Guru, Motivasi Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Apr 2017 02:31 |
Last Modified: | 12 Apr 2017 02:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23944 |