Sa’adah, Nur (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING DI KELAS V SD NEGERI 106162 MEDAN ESTATE T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1131111028_COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. NIM. 1131111028_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
3. NIM. 1131111028_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (284kB) | Preview
4. NIM. 1131111028_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
5. NIM. 1131111028_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM. 1131111028_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 1131111028_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1131111028_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. NIM. 1131111028_BAB I.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
13. NIM. 1131111028_BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
14. NIM. 1131111028_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui Model pembelajaran Probing–Prompting. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 106162 Medan Estate yang beralamat di Jl. Pasar V Medan Estate Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang Propinsi Sumatera Utara. Waktu penelitian akan dilaksanakan pada bulan Januari 2017 sampai Maret 2017. Jenis penelitian yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah (PTK) Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 106162 Medan Estate dengan jumlah siswa 34 orang. Yang terdiri dan 18 laki-laki dan 16 perempuan. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi tokoh-tokoh penting yang berperan dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan dengan menggunakan model pembelajaran Probing–Prompting.
Berdasarkan dari hasil Pre Tes, dari 34 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini masih memiliki tingkat ketuntasan di bawah 70 (<70), ternyata hanya 7 orang siswa yang sudah memiliki ketuntasan belajar dengan persentase (20,59%), dan 27 orang siswa belum memiliki ketuntasan belajar (79,41%). Nilai rata – rata klasikal yang diperoleh hanya mencapai 47,9, sehingga baik secara klasikal kemampuan awal siswa masih rendah. Dari hasil Pre Test tersebut, peneliti menindak lanjuti dan melakukan Siklus I. Perolehan hasil pada siklus I yang tuntas hasil belajar IPS nya menjadi 21 siswa dengan persentase (61,76%), dan yang tidak tuntas 13 siswa (38,24%) dengan nilai rata – rata klasikal yang diperoleh hanya mencapai 66. Dari hasil perolehan siklus I ditindak lanjuti pada siklus ke II, secara signifikan hasil belajar siswa meningkat menjadi yang tuntas hasil belajarnya 30 orang siswa dengan persentase (88,23%), sedangkan selebihnya yaitu 4 orang siswa (11,77%) belum memiliki ketuntasan belajar dengan nilai rata – rata klasikal yang diperoleh hanya mencapai 81,6. Dalam hal ini sudah dapat disimpulkan, ketuntasan klasikal sudah berhasil. Dari hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Probing – Prompting dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok tokoh- tokoh yang berperan dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia di kelas V SD Negeri 106162 Medan Estate Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 026 |
Keywords: | Hakikat belajar; Hasil belajar; Model pembelajaran; IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 08:54 |
Last Modified: | 11 Apr 2017 08:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23937 |