Capah, Elma Dewi Novia (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PERNAFASAN KELAS V SD NEGERI 101766 DELI SERDANG. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133311118_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1133311118_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
3. NIM. 1133311118_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
4. NIM. 1133311118_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5. NIM. 1133311118_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 1133311118_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 1133311118_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1133311118_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1133311118_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM. 1133311118_BAB I.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
14. NIM. 1133311118_BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
15. NIM. 1133311118_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada Mata pelajaran IPA khususnya pada pokok bahasan pernafasan dimana guru kurang memberikan motivasi pada saat proses pembelajaran. Nilai yang di dapat siswa saat pelajaran IPA sangat rendah, siswa kurang aktif selama proses pembelajaran dan guru masih sering menggunakan model pemeblajaran ceramah, tanya jawab dan menghafal. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalaui model pembelajaran Take and Give di kelas V SD Negeri 101766 Deli serdang Tahun Ajaran 2016/2017. Hasil penelitian siklus I, motivasi belajar siswa dari hasil angket sebelum dilaksanakan siklus I diperoleh tingkat motivasi belajar siswa sebanyak 17 (56,66%) siswa dari 30 siswa memliki tingkat motivasi belajar dengan kategori rendah 5 (16,66%) siswa memiliki tingkat motivasi tinggi, 8 (26,66%) siswa memiliki tingkat motivasi sangat tinggi. Dan setelah dilaksanakan siklus I dengan menggunakan dua kali pertemuan diperoleh hasil observasi dengan persentase rata-rata sebesar 48,63% dengan kategori motivasi tergolong rendah. Pada hasil siklus II dengan menggunakan dua kali pertemuan diperoleh persentase rata-rata yaitu 75,97% dan tergolong termotivasi atau tingkat motivasi siswa tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 010 |
Keywords: | Motivasi belajar; Model take and give; Model pembelajaran; Materi pembelajaran; IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 08:06 |
Last Modified: | 11 Apr 2017 08:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23926 |