Ginting, Silvina Ricca Br. (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK-PAIR-SHARE PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD NEGERI 028068 BINJAI TIMUR T.A 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1131111039_COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 1131111039_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
3. NIM. 1131111039_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM. 1131111039_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM. 1131111039_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
6. NIM. 1131111039_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM. 1131111039_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
8. NIM. 1131111039_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9. NIM. 1131111039_BAB I.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
13. NIM. 1131111039_BAB V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
14. NIM. 1131111039_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Peneliti merumuskan masalah, yaitu “Apakah penggunaan model pembelajaran Think-Pair-Share dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi pokok pecahan siswa kelas III SD Negeri 028068 Binjai Timur”? Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 27 orang siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan di SD Negeri 028068 Binjai Timur. Objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan model pembelajaran Think-Pair-Share dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika materi pokok pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran di kelas III SD Negeri 028068 Binjai Timur.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, Tindakan I, Pemantauan, dan refleksi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket dan observasi. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti terlebih dahulu mengamati proses pembelajaran awal siswa bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan kekurangan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan analisis data observasi pada kondisi awal, diperoleh 7,41%. Pada pertemuan I diperoleh 7,41%. Pada pertemuan II meningkat ,diperoleh 22,22%. Siklus II pada pertemuan I diperoleh 85,18%. Dan pertemuan II diperoleh 92,59% mengalami peningkatkan. Hasil angket Siklus I diperoleh 29,63%, Siklus II diperoleh 92,59% mengalami peningkatan. Penilaian pada peneliti yang dilakukan oleh guru kelas III pada siklus I pertemuan I diperoleh 71,42%, pertemuan II diperoleh 78,57% dan siklus II pertemuan I diperoleh 82,14% dan pada pertemuan II diperoleh 96,43%, dari siklus I sampai siklus II terjadi peningkatan peniliti dalam mengajar dan semakin baik lagi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model Think-Pair-Share pada mata pelajaran matematika kelas III SD Negeri 028068 Binjai Timur. Oleh karena itu, model pembelajaran Think-Pair-Share dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 009 |
Keywords: | Model pembelajaran; Think-pair-share; Motivasi belajar; Materi pecahan; Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 07:44 |
Last Modified: | 11 Apr 2017 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23923 |