PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 101765 BANDAR SETIA T.A 2016/2017

Dillah, Kenny Istiah (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 101765 BANDAR SETIA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1133111035_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1133111035_COVER.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1133111035_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1133111035_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1133111035_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1133111035_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1133111035_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1133111035_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1133111035_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1133111035_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1133111035_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1133111035_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1133111035_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1133111035_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1133111035_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1133111035_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1133111035_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1133111035_BAB I.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1133111035_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1133111035_BAB V.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1133111035_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1133111035_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Guided Inquiry di kelas V SD Negeri 101765 Bandar Setia. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101765 Bandar Setia Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak 1 kelas yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 18 orang siswa laki – laki dan 12 orang siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi atau pengamatan dan Refleksi. Instrumen penilaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Dari temuan hasil Pre Test, masih banyak siswa yang memiliki ketuntasan kurang dari (<70), siswa yang memiliki ketuntasan lebih dari (<70) ada sebanyak 8 orang siswa dengan persentase 26,67% dan yang kurang dari (<70) ada 22 orang siswa dengan persentase 73,33% dan nilai rata- rata kelas 51,16. Dari hasil Pre Test tersebut, maka peneliti menindaklanjuti dan melanjutkan pada Post Test I siklus I. Pada siklus I terdapat 20 orang siswa yang telah tuntas dengan persentase 66,67% dan 10 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase 33,33% dengan nilai rata- rata kelas 66,33. Dari hasil Pre Test dan Post Test I maka dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi Gaya dan Pengaruhnya masih rendah dan berdasarkan tingkat keberhasilan masih tergolong belum berhasil. Peneliti melanjutkan ke Post Test Siklus II, pada siklus II sebanyak 25 orang siswayang telah tuntas dengan persentase 83,33% dan 5 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase 16,67% dengan nilai rata- rata kelas 83,83. Dari hasil observasi pembelajaran guru (Peneliti) dengan menerapkan model pembelajaran Guided Inquiry di kelas V pada masing – masing pertemuan I mendapat nilai 65,38 dengan kategori kurang baik, maka guru melakukan refleksi pada masing –masing pertemuan siklus II hasil observasi guru terjadi peningkatan menjadi 92,30 dengan kategori sangat baik. Adapun hasil observasi pada kegiatan siswa dilihat dari aspek afektif dan psikomotorik padamasing- masing pertemuan siklus I mendapat nilai rata – rata kelas 70 dengan kategori cukup baik, kemudian peneliti melakukan refleksi pada masing- masing pertemuan siklus II dan terjadi peningkatan rata- rata kelas menjadi 80,5 dengan kategori baik. Dari hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Guided Inquiry pada pelajaran IPA materi pokok Gaya dan Pengaruhnya di kelas V SDN 101765 Bandar Setia Tahun Ajaran 2016/2017”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 020
Keywords: Hasil belajar; Model pembelajaran; Materi gaya; IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 10 Apr 2017 04:44
Last Modified: 10 Apr 2017 04:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23895

Actions (login required)

View Item
View Item