Tarigan, Lestari Br. (2017) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 101771 TEMBUNG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1133111039_COVER.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
2. NIM. 1133111039_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
3. NIM. 1133111039_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. NIM. 1133111039_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
5. NIM. 1133111039_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 1133111039_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7, NIM. 1133111039_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
8. NIM. 1133111039_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 1133111039_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
10. NIM. 1133111039_BAB I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
14. NIM. 1133111039_BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
15. NIM. 1133111039_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi aktivitas ekonomi dan sumber daya alam kelas IV SDN 101771 tembung TA 2016/2017 . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IVA SD Negeri 101771 Tembung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) Subjek penelitian adalah siswa/i IVA SD Negeri 101771 Tembung sebanyak 34 orang dengan jumlah laki – laki 17 orang dan 17 orang perempuan. Objek penelitian ini adalah penggunaan Model pembelajaran Group Investigation. Pelaksanaan PTK dilakukan selama 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan dan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamantan dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi dan angket. Pada pelaksanaan observasi aktivitas belajar siswa siklus I pertemuan I diperoleh data bahwa 9 (26,5%) orang siswa yang tergolong aktif dan 25 (73,5%) orang siswa yang tergolong tidak aktif. Dengan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 55,93%. Pada siklus I pertemuan II diperoleh data bahwa 11 (32,4%) orang siswa yang tergolong aktif dan 23 (67,6%) orang siswa yang tergolong tidak aktif. Dengan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 60,69%. Pada siklus II pertemuan I diperoleh data bahwa 32 (94,2) orang siswa yang tergolong aktif dan 2 (5,8%) orang siswa yang tergolong tidak aktif. Dengan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 77,06%. pada siklus II pertemuan II diperoleh data bahwa 34 (100%) siswa tergolong aktif. Dengan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 85,76%. Dari hasil data angket pra siklus ada 7 (21%) orang siswa yang dikategorikan aktif dan 27 (79%) siswa yang dikategorikan tidak aktif. Dengan hasil rata-rata persentase angket aktivitas belajar 49,32%. Pada siklus I ada 15 (44,12%) orang siswa yang dikategorikan aktif dan 19 (55,88) orang siswa yang dikategorikan tidak aktif. Dengan hasil rata-rata persentase angket aktivitas belajar 62,97%. Pada siklus II 34 (100%) siswa dikategorikan Aktif. Dengan hasil rata-rata persentase angket aktivitas belajar 87,23%.
Dari kegiatan pembelajaran dan analisis data penelitian yang diperoleh peneliti dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada Pelajaran IPS Materi Pokok Aktivitas Ekonomi dan Sumber Daya Alam di kelas IVA SD Negeri 101771 Tembung T.A 2016 / 2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 024 |
Keywords: | Belajar; Aktivitas belajar; Model pembelajaran; Aktivitas ekonomi; Sumber daya alam |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Apr 2017 04:28 |
Last Modified: | 10 Apr 2017 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23886 |