Pangestu, Nanang (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF KOMPETENSI DASAR ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X TKR SMK PAB 12 SAENTIS. Undergraduate thesis, UNIMED.
01 NIM 5121122004 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
02 NIM 5121122004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
03 NIM 5121122004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
04 NIM 5121122004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
05 NIM 5121122004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
06 NIM 5121122004 TABLE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
07 NIM 5121122004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
08 NIM 5121122004 APENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
09 NIM 5121122004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (519kB) | Preview
13 NIM 5121122004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14 NIM 5121122004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif kompetensi dasar alat ukur elektrik dan elektronik pada siswa Kelas X TKR SMK PAB 12 Saentis T.A. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental yaitu pretest – posttest control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X teknik kendaraan ringan yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling yaitu kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 orang dan kelas X TKR 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 orang. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi dari pada hasil belajar model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif Kompetensi Dasar Alat Ukur Siswa Kelas X TKR SMK PAB 12 Saentis. Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 OTM 017 |
Keywords: | Model pembelajaran; Problem based learning; Hasil belajar; Alat ukur |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Apr 2017 09:17 |
Last Modified: | 07 Apr 2017 09:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23871 |