Sembiring, Eddy Kindiya (2017) HUBUNGAN MINAT MASUK PENDIDIKAN KEJURUAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR SISTEM REM SISWA TINGKAT II KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK IMMANUEL 1 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5123122009 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
02. NIM 5123122009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
03. NIM 5123122009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
04. NIM 5123122009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
05. NIM 5123122009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
06. NIM 5123122009 TABLE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
07. NIM 5123122009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
08. NIM 5123122009 APENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. NIM 5123122009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (593kB) | Preview
13. NIM 5123122009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM 5123122009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat masuk pendidikan kejuruan dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar sistem rem. Metode penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah 55 orang siswa tingkat II kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan tabel Krajcei dan Morgan, yaitu sebanyak 48 orang. Data variabel minat masuk pendidikan kejuruan dan kecerdasan emosional dijaring dengan menggunakan angket, sedangkan hasil belajr sistem rem diambil melalui nilai dokumentasi. Hasil uji coba angket minat masuk pendidikan kejuruan dari 30 butir yang tidak valid adalah 5 butir jadi untuk menjaring data penelitian digunakan 25 butir angket dengan reliabilitas 0,913 yang termasuk pada kategori sangat tinggi. Begitu juga dengan kecerdasan emosional dari 30 butir angket yang tidak valid adalah 6 butir jadi untuk menjaring data penelitian digunakan 24 butir angket dengan reliabilitas 0,889 yang termasuk kedalam kategori sangat tinggi juga. Hasil analisis korelasi antara variabel menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan berarti antara minat masuk pendidikan kejuruan dengan hasil belajar sistem rem dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,822. Begitu juga dengan korelasi antara variabel kecerdasan emosional dengan hasil belajar sistem rem menunjukkan korelasi yang berarti dengan koefisien korelasi rx2y sebesar 0,503 dimana pada taraf signifikansi 5% untuk jumlah responden sebanyak 48 orang, rtabel = 0,284. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara minat masuk pendidikan kejuruan dengan hasil belajar sistem rem ry1,2 sebesar 0,793. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara variabel kecerdasan emosional dengan hasil belajar sistem rem ry2,1 sebesar 0,382. Hasil korelasi regresi ganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan berarti antara minat masuk pendidikan kejuruan dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan hasil belajar sistem rem dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,850 sementara itu diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,723 yang berarti bahwa 72,3% hasil belajar sistem rem dapat dipengaruhi oleh minat masuk pendidikan kejuruan dan kecerdasan emosional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 OTM 016 |
Keywords: | Minat; Kecerdasan; Emosional; Hasil belajar; Sistem rem |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Apr 2017 03:21 |
Last Modified: | 07 Apr 2017 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23863 |