PENGARUH MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUARY LEARNING (POGIL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Idrus, Said (2016) PENGARUH MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUARY LEARNING (POGIL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146142031 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146142031 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146142031 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146142031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146142031 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146142031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.8146142031 PREPACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM.8146142031 PREPACE.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8146142031 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8146142031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146142031 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146142031 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146142031 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146142031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146142031 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146142031 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.8146142031 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.8146142031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (548kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146142031 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146142031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8146142031 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8146142031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini betujuan: (1) Untuk mengetahui pengaruh model Process Oriented Guided Inquary Learning (POGIL) terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa; (2) Untuk mengetahui pengaruh model Process Oriented Guided Inquary Learning (POGIL) terhadap kemampuan kognitif siswa; (3) Untuk mengetahui korelasi antara Keterampilan Proses Sains (KPS) dengan kemampuan kognitif siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri Seribu Bukit Gayo Lues sebanyak 3 kelas yang berjumlah 78 orang yang terbagi dalam 2 kelas sampel. Data penelitian yang dikumpulkan dari sampel adalah berupa data keterampilan Proses Sains (KPS) diperoleh dari lembar observasi dan tes. Untuk tes digunakan soal pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan reliabilitas sebesar 0,81 (sangat Tinggi). Untuk data kemampuan kognitif siswa diperoleh dari hasil pretes dan poster berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan reliabilitas sebesar 0,84 (sangat tinggi). Telah dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas dan homogenitas, diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Hipotesis diuji dengan Paired Sample t-Test pada taraf signifikansi 0,05 dengan menggunakan program SPSS 21 for windows. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa: (1) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan dari model Process Oriented Guided Inquary Learning (POGIL) terhadap Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa pada materi laju reaksi, yang ditunjukkan oleh harga signifikasi sebesar 0,00 sehingga 0,00 < 0,05 yang berarti Ha. (2) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan dari model Process Oriented Guided Inquary Learning (POGIL) terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi laju reaksi, yang ditunjukkan oleh harga signifikasi sebesar 0,000 sehingga 0,000 < 0,05 yang berarti Ha. (3) Terdapat interaksi yang signifikan antara KPS dengan Kognitif siswa pada materi laju reaksi, yang ditunjukkan oleh nilai probabilitas atau sig. 0,000<0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa hasil pegujian hipotesis menolak Ho atau menerima Ha dalam taraf alhpa 5%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.071 Idr p
Keywords: POGIL; KPS; Kognitif; Laju reaksi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Mar 2017 10:09
Last Modified: 29 Mar 2017 10:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23837

Actions (login required)

View Item
View Item