Putri, Maharani (2016) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMP IT AL-HIJRAH DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
NIM. 8146171048 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
NIM. 8146171048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (993kB) | Preview
NIM. 8146171048 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
NIM. 8146171048 PREFACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
NIM. 8146171048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
NIM. 8146171048 TABLES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
NIM. 8146171048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
NIM. 8146171048 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
NIM. 8146171048 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (769kB) | Preview
NIM. 8146171048 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
NIM. 8146171048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar antara siswa yang diberi pembelajaran inkuiri dengan pembelajaran berbasis masalah. Selain itu, dalam penelitian ini juga diselidiki apakah terdapat atau tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematik terhadap kemampuan penalaran dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Al-Hijrah Deli Serdang. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas eksperimen, yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen 1 mendapat perlakuan dengan pembelajaran inkuiri dan kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen 2 mendapat perlakuan dengan pembelajaran berbasis masalah. Hasil analisis data terhadap tes kemampuan awal, tes kemampuan penalaran dan angket kemandirian belajar menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Selanjutnya untuk menjawab rumusan masalah digunakan ANAVA dua jalur. Dari hasil perhitungan ANAVA didapat kesimpulan bahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang diberi pembelajaran inkuiri dengan siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah. (2) Terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa yang diberi pembelajaran inkuiri dengan siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematik terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematik terhadap kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Put p |
Keywords: | Pembelajaran inkuiri; Pembelajaran berbasis masalah; Kemampuan penalaran; Kemandirian belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Mar 2017 08:34 |
Last Modified: | 22 Mar 2017 08:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23812 |