Kasuma, Budi Alam (2017) HUBUNGAN PERSEPSI TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN ALAT UKUR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 4 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5123122005 COVER.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
02. NIM 5123122005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
03. NIM 5123122005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
04. NIM 5123122005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
05. NIM 5123122005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
06. NIM 5123122005 TABLE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
07. NIM 5123122005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
08. NIM 5123122005 APENDICES.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
09. NIM 5123122005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (520kB) | Preview
13. NIM 5123122005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
14. NIM 5123122005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara Persepsi Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar dengan dengan Hasil Belajar Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasional, memakai instrumen angket model Likert dan dokumentasi. Jumlah populasi 40 siswa dan diperoleh sampel sebanyak 38 siswa, cara pengambilan sampel dengan teknik Sampling Random. Uji validitas instrumen menggunakan koefisien korelasi Product Moment, dan uji reabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil penelitian di analisis menggunakan koefisien korelasi korelasi Product Moment korelasi parsial dan korelasi ganda dengan bantuan program SPSS 16.0. Dari hasil analisis pada N = 38 taraf signifikan 5 % diperoleh rtabel = 0,320 hubungan antara persepsi terhadap penggunaan media pembelajaran dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur diperoleh rhitung = 0,794 dan rparsial = 0,610, hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur diperoleh rhitung = 0,796 dan rparsial = 0,614, hubungan antara persepsi terhadap penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur diperoleh rhitung = 0,642. Dengan demikian maka variabel persepsi terhadap penggunaan media pembelajaran, motivasi belajar dan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur memiliki hubungan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi terhadap penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar dengan hasil belajar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur pada siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 OTM 010 |
Keywords: | Persepsi; Media pembelajaran; Motivasi belajar; Hasil belajar; Alat ukur |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > T Technology (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Mar 2017 08:23 |
Last Modified: | 22 Mar 2017 08:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23809 |