Mesjuarni (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA PRAKTIKUM TERINTEGRASI BERORIENTASI LESSON STUDY DENGAN MEDIA VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI PADA MATERI HIDROKARBON. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4122131009 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2 NIM. 4122131009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4 NIM. 4122131009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
5 NIM. 4122131009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
6 NIM. 4122131009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
7 NIM. 4122131009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8 NIM. 4122131009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
9 NIM. 4122131009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10 NIM. 4122131009 BAB I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
14 NIM. 4122131009 BAB V.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
15 NIM. 4122131009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
3 NIM. 4122131009 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diberikan pengajaran dengan model pembelajaran Inkuiri pada praktikum terintegrasi berorientasi Lesson Study dengan media virtual lebih tinggi daripada yang diberikan pengajaran dengan model konvensional pada materi Hidrokarbon dan untuk mengetahui aspek kognitif manakah yang paling berkembang melalui penerapan model pembelajaran diatas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Model Medan yang terdiri dari 8 kelas. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara purposif, 1 kelas sebagai kelas eksperimen dan 1 kelas sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Instrumen adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 21 soal yang valid dengan tingkat reliabel 0,7834. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Inkuiri pada praktikum terintegrasi berorientasi Lesson Study dengan media virtual dan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Konvensional. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 41,62 dan 41,13, sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 78,75 dan 64,75. Gain ternormalisasi kimia siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada hasil belajar kimia kelas kontrol, yaitu 63,83 % dan 39,99%. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat data yaitu menggunakan uji normalitas data menggunakan uji chi kuadrat diperoleh pada Gain kelas eksperimen χ2hitung<χ2tabel maka kedua data Gain eksperimen dan kontrol berdistribusi normal serta uji homogenitas data diperoleh Fhitung< Ftabel yakni 1,652<1,725 maka kedua sampel homogen. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung> ttabel yakni
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2017 KIM 017 |
Keywords: | Inkuiri, Lesson Study, Hasil belajar, Hidrokarbon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 13 Mar 2017 04:16 |
Last Modified: | 13 Mar 2017 04:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23685 |