EFEKTIVITAS TEKNIK KUNJUNGAN LAPANGAN (FIELD VISID TECHNIQUE) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAP DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAHEA TP 2011/2012

Saragih,, Nova Yanti (2011) EFEKTIVITAS TEKNIK KUNJUNGAN LAPANGAN (FIELD VISID TECHNIQUE) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAP DESKRIPSI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAHEA TP 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of Tanda Tangan Revisi PENGESAHAN Skripsi.pdf]
Preview
Text
Tanda Tangan Revisi PENGESAHAN Skripsi.pdf - Published Version

Download (677kB) | Preview
[thumbnail of 4 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 5 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (570kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (376kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 8 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keefektifan Teknik Kunjungan
Lapangan (Field Visit Technique) terhadap Kemampuan Menulis Paragraf
Deskripsi oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pahae Jae Tahun Pembelajaran
2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1
Pahae Jae sebanyak 150 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 40 orang, 20
orang untuk kelas eksperimen dan 20 orang untuk kelas kontrol.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.
Instrumen yang digunakan adalah tes menulis paragraf deskripsi dalam bentuk
penugasan. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 84,2, sedangkan untuk kelas
kontrol adalah 72,95. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata
kemampuan menulis paragraf deskripsi kelas eksperimen lebih tinggi daripada
kelas kontrol.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari
perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 5,02, selanjutnya dikonsultasikan
dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dan taraf signifikansi 1% atau dengan df =
(N1 +N2) - 2 = 38. Pada ttabel dengan df = 38 diperoleh ttabel pada taraf signifikan
5% = 2,02 dan taraf signifikansi 1% = 2,71.
Karena to yang diperoleh lebih besar dari tt, yaitu ttabel < thitung > ttabel
(2,02<5,02>2,71 maka Hipotesis Nihil (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif Ha
diterima. Hal ini berarti dalam upaya peningkatan pembelajaran paragraf deskripsi
dengan menggunakan Teknik Kunjungan Lapangan lebih efektif dibandingkan
dengan Teknik ceramah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2011 IND
Keywords: Kunjungan Lapangan,Field Visit Technique,Efektivitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Mar 2017 02:31
Last Modified: 10 Mar 2017 02:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23670

Actions (login required)

View Item
View Item