Khariani,, Mawaddah (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF PRODUKTIF TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDAR MASILAM TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
3. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
4. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
5. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
6. DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
8. BAB I.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
11. DAFTAR PUSTAKA..pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh strategi
pembelajaran kreatif produktif terhadap kemampuan menulis naskah drama.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar
Masilam tahun pembelajaran 2011/2012. Untuk penelitian tersebut data diambil
dari 32 sampel yang berasal dari 123 populasi. Pengambilan data dilakukan
dengan instrument penugasan, yaitu menulis naskah drama.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
semu, dengan menggunakan rumus uji “t” sebagai berikut:
( 1)
2
−
=
Σ
n n
d
t D
Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pretest = 67,81, standar
deviasi = 10,03, dan termasuk pada kategori baik 25%, kategori cukup 43,75%,
kategori kurang 12,50%, dan sangat kurang = 18,75%. Nilai rata-rata postest =
77,84, standar deviasi = 9,11, dan termasuk kategori sangat baik = 25%, kategori
baik = 46,88%, kategori cukup = 21,87%, dan kurang 6,25%. Berdasarkan uji
normalitas, hasil pretest dan postest dinyatakan dalam distribusi normal.
Kemudian, berasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari
populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homegenitas dilakukan,
mak diketahui to sebesar 6,86. Selanjutnya to tersebut dikonsultasikan dengan tabel
t pada taraf signifikansi 5% dengan df = N-1, yakni 32-1, dari df = 31 diperoleh
taraf signifikansi 5% = 2,04. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 6,86 > 2,04,
maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi
Pembelajaran Kreatif Produktif berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis
naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandar Masilam Tahun
pembelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2011 IND |
Keywords: | Strategi Pembelajaran,Menulis,Naskah Drama |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Mar 2017 07:21 |
Last Modified: | 09 Mar 2017 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23655 |