Harahap, Nahfazul Fauziah (2010) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) VERBAL TERTULIS DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS WACANA EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kamampuan menulis wacana eksposisi siswa berbeda secara signifikan sebelum dan sesudah pemberian penguatan verbal tertulis oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2009/2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis wacana eksposisi sebelum dan sesudah pemberian penguatan verbal tertulis oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2009/2010.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2009/2010 yang terdiri dari 5 (lima) kelas yang berjumlah 200 orang. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 40 orang. Untuk memperoleh data yang diperlukan digunakan tes kemampuan menulis wacana eksposisi siswa. Data penelitian ini telah diuji normalitas dan homogenitas dan hasilnya normal dan homogen.
Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pre-test adalah 43,63 dengan kategori gagal dan setelah dilakukan perlakuan maka hasil kemampuan menulis wacana eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa meningkat dimana nilai rata-rata post-testnya adalah 72,88 dengan kategori cukup. Hasil uji hipotesis dengan uji-t diperoleh harga thitung = 19,33 sedangkan untuk α = 0,05 dan dk 39 diperoleh ttabel = 1,70 sehingga thitung > ttabel.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis wacana eksposisi sebelum dan sesudah pemberian penguatan verbal tertulis oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2009/2010.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Sk-2010 IND |
Keywords: | pemberian penguatan,Verbal,Nonverbal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Mar 2017 07:38 |
Last Modified: | 08 Mar 2017 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23635 |