Butarbutar, Posma (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBUATAN POLA SISWA SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146122034 COVER.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2. NIM. 8146122034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. NIM. 8146122034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM. 8146122034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 8146122034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
6. NIM. 8146122034 TABLES.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
7. NIM. 8146122034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 8146122034 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
12. NIM. 8146122034 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
13. NIM. 8146122034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1)untuk mengetahui pengaruh hasil belajar pembuatan pola busana pesta yang diajar dengan strategi pembelajaran kreatif produktif dengan strategi pembelajaran ekspositori. (2) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar pada mata pelajaran pembuatan pola busana pesta antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi dengan siswa yang memiliki minat rendah. (3) Untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar pembuatan pola busana pesta. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Pematang Siantar pada semester genap 2015/2016. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XII Tata Busana sebanyak 81 orang. Sampelnya adalah kelas XII Tata Busana 1 sebanyak 28 orang dan Kelas XII Busana 2 sebanyak 26 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling.Instrumen yang digunakan untuk mengumpul data adalah tes hasil belajar dan angket minat belajar siswa. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian 2x2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan : (1)hasil belajar membuat pola busana pesta siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kreatif-produktif lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan ekspositori, dengan Fhitung = 6,36> Ftabel = 4,01. (2) hasil belajar membuat pola busana pesta yang memiliki minat belajar tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar membuat pola busana pesta siswa yang memiliki inat belajar rendah, dengan Fhitung = 13,46> Ftabel = 4,01. (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan minat belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar siswa, dengan Fhitung = 7,90> Ftabel = 4,01. Hipotesis ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kreatif – produktif lebih tepat digunakan daripada strategi pembelajaran ekspositori dalam meningkatkan hasil belajar membuat pola busana pesta siswa, dan siswa yang memiliki minat belajar tinggi akan memperoleh hasil belajar membuat pola busana pesta yang lebih baik daripada siswa yang memiliki minat belajar rendah. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada tenaga pengajar agar memperhatikan karakteristik siswa dalam menerapkan strategi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.8 But p |
Keywords: | Hasil belajar; Strategi pembelajaran; Minat belajar; Strategi ekspositori; Pola busana wanita |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 07 Mar 2017 09:02 |
Last Modified: | 07 Mar 2017 09:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23627 |