PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR`INTRINSIK NASKAH DRAMA “ ORANG TERASING” KARYA A.S MUKHSIN OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANJUNGBALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010

Rahayu,, Evi (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR`INTRINSIK NASKAH DRAMA “ ORANG TERASING” KARYA A.S MUKHSIN OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANJUNGBALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of COMPER.pdf]
Preview
Text
COMPER.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menganalisis
unsur intrinsik naskah drama dengan dan tanpa model pembelajaran kooperatif
tipe STAD (Student Team Achievement Division) yang dilaksanakan pada bulan
Desember. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjungbalai
Tahun Pembelajaran 2009/2010. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII A
sebanyak 32 orang dari jumlah populasi sebanyak 256 siswa..
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
semu atau Quasi Eksperiment. Pengujian hipotesis dilakukan dengan
menggunakan uji ”t” dengan rumus:
SE
M M
M M
to
1 2
1 2



Dari pengolahan data diperoleh hasil pre test dengan rata-rata = 67,8
standard deviasi = 6,60 dan termasuk pada kategori baik sebanyak 25%, kategori
cukup sebanyak 43,75%, kategori kurang sebanyak 31,25%. Hasil post test
dengan rata-rata = 79,06 standard deviasi = 6,89 dan dari kategori sangat baik
sebanyak 31,25%, kategori baik sebanyak 46,88%, kategori cukup sebanyak
21,87%, dan kategori kurang 2,56% . Dari uji data hasil pre test dan post test di
dapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa
sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas
dan homogenitas, di dapatlah t0 sebesar 6,62. Selanjutnya setelah t0 diketahui,
kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan df=N-
1=32-1=31, dari df=31 diperoleh taraf signifikansi 5%=2,04, karena t0 yang
diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 6,62 > 2,04, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak
dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang
signifikan atas pengunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student
Team Achievement Division) terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik
naskah drama oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjungbalai Tahun
Pembelajaran 2009/2010

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sk-2010 IND
Keywords: Model Pembelajaran,STAD,Menganalisis,Naskah Drama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PR English literature > PR750 Prose > PR821 Prose fiction. The novel
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Mar 2017 08:28
Last Modified: 07 Mar 2017 08:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23621

Actions (login required)

View Item
View Item