Nababan, Ernie B. (2010) PENERAPAN METODE INTERAKSI EDUKATIF DALAM MENGUNGKAPKAN PENGALAMAN DENGAN KALIMAT EFEKTIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.
PENGESAHAN & COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh metode interaksi edukatif terhadap kemampuan mengungkapkan pengalaman dengan kalimat efektif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 12 Medan, Tahun Pembelajaran 2009/2010 yang berjumlah 404 orang. Sampel penelitian yaitu kelas VII8.
Pengambilan sampel dilakukan secara cluster atau cluster sampling. Instrument yang digunakan untuk menyaring data adalah tes.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu, dengan menggunakan uji ”t” sebagai berikut :
Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pretest = 65, standar deviasi =7,26, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 65=25%. Nilai rata-rata postest = 75, standar deviasi = 8,62 dan penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 75=27,8%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pretest dan postest dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahuilah to sebesar 2,1. Selanjutnya, to tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df = N-1, yakni 36-1 =35. dari df = 35 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,04. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 2,1 > 2,04, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode interaksi edukatif berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengungkapkan pengalaman dengan kalimat efektif siswa kelas VII SMP N 12 Medan, Tahun Pembelajaran 2009/2010.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2010 IND |
Keywords: | Metode Interaksi Edukatif,Kalimat,Koherensi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Mar 2017 08:16 |
Last Modified: | 07 Mar 2017 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23617 |